Hukum Tahlilan atau Kenduri kematian

🍃Hukum tahlilan atau kenduri untuk orang yang meninggal pada hari pertama, ketujuh , 40 hari dan keseratus.

📙Soal dari Sarina usmiati di group wa nashihatulinnisa
Bismillah,
Assalamu'alaikum,bolekah  acara tahlilan setiap orang meninggal itu diadakan seperti malam pertama sampai ke 40 atau seratus, mohon penjelasannya umm.
Jazakillah khoiron...

‎┈┉┅━❀🍃🌹🍃❀━┅┉┈

🖊Dan Asy Syaikh Al Utsaimin Rohimahullooh di tanya ;

فسئل ابن عثيمين رحمه الله :
ما الحكم في عمل أربعين للمتوفى يقرأ فيها القرآن ويجتمع الناس للتعزية ؟
فأجاب : " هذه من البدع التي يصنعها بعض الناس إذا تم الميت أربعين يوماً أقاموا له مأتماً يجتمعون فيه إلى بيت الميت ويقرؤون القرآن وينيرون المكان وهو في الحقيقة من باب تجديد الحزن المنهي عنه " .
انتهى

Apa hukum dalam suatu amalan 40 hari untuk yang telah meninggal dibacakan Yasin dan manusia berkumpul untuk ta'ziyah?

Maka beliau menjawab

Ini adalah merupakan bid'ah yang dibuat oleh sebagian manusia, jika simayyit telah sempurna pada  40 hari, dan mereka mengadakan untuknya pertemuan yang manusia berkumpul didalamnya di rumah simayyit, dan mereka membaca Al Qur'an dan menerangi tempat, dan ini pada hakekatnya adalah termasuk dari pintu pembaharuan kesedihan yang terlarang darinya.

📚 Fatawa nur 'ala darb 2/9.

🖊 Berkata Ibnu BAZ Rohimahullooh :

هذا لا يجوز هذا من المأتم ومن أفعال الجاهلية، لا يجوز لا في الأربعين, ولا في اليوم الأول ولا في الأسبوع الثاني, ولا على رأس السنة, كله من البدع و الخرافات ومن أعمال الجاهلية لا تجوز إقامة هذا العمل، ولكن يدعى للميت ويتصدق عنه هذا طيب، أما إقامة مأتم على رأس الأربعين أو على رأس الأسبوع, أو رأس الشهر, أو رأس السنة كل هذا لا أصل له، يقول جرير بن عبد الله البجلي - رضي الله عنه -: "كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصناعة الطعام بعد الدفن من النياحة. ولما توفي جعفر بن أبي طالب شهيداً في سبيل الله وجاء نعيه إلى النبي - صلى الله عليه وسلم- لم يتخذ مأتماً لا على رأس أسبوع, ولا في أول يوم, ولا في رأس الأربعين, وهكذا الصحابة -رضي الله عنهم- لم يفعلوا ذلك لنبيهم - صلى الله عليه وسلم- ولا للصديق, ولا عمر, ولا عثمان, ولا علي ولا غيرهم، فالواجب ترك ذلك؛ لأنه من عمل الجاهلية.

Ini tidak boleh , ini adalah pertemuan dan dari perbuatan orang orang jahiliyah, tidak boleh pada hari ke 40 , dan tidak pula pada hari pertama , dan tidak pula pada pekan yang kedua, dan tidak pula pada permulaan tahun, semuanya ini adalah dari perkara bid'ah dan khurafat dan amalan orang orang jahiliyah, tidak boleh mengadakan amalan tersebut, akan tetapi didoakan terhadap si mayyit , dan bersedekah untuknya, ini boleh . Adapun mengadakan pertemuan pada permulaan 40 harinya atau pada awal pekan , atau pada permulaan bulan atau tahun , seluruhnya tidak ada asalnya, berkata jarir bin Abdillah Al bajali Rodhialloohu Anhu :
Dulu kami menganggap berkumpul di rumah keluarga mayat dan membuat makanan setelah dikuburkan mayat termasuk niyaahah.

Dan tatkala Ja'far bin Abi Thalib wafat sebagai syahid dalam fi Sabilillah, dan datang berita kematiannya pada Nabi shollallaahu alaihi wa sallam, maka nabi tidak menjadikan pertemuan pada permulaan sepekan (hari ketujuh), dan bukan pula pada hari pertama dan bukan pula pada hari ke 40, dan demikian pula sahabat Rodhialloohu Anhum, mereka tidak melakukan pada Nabi mereka shollallaahu alaihi wa sallam, dan tidak pula pada abu bakar as Siddiq ,dan tidak pula pada Umar, dah tidak pula Utsman, dan tidak pula pada Ali dan selain dari mereka, maka yang wajib adalah meninggalkan perkara tersebut (berkumpul di rumah simayyit pada hari ke 1, 7, 40 dst), sebab itu amalan jahiliyah.

📚lihat https://binbaz.org.sa>old.

🔎Tambahan pent'

Niyaahah adalah tangisan meratapi mayat, dan hukumnya adalah haram menurut kesepakatan ulama . Telah datang dalil-dalil yang menunjukkan pengharaman niyaahah, bahkan pelakunya diancam dengan ancaman yang keras. Bahkan para ulama syafi’iyah telah menegaskan akan haramnya niyaahah.

Imam An-Nawawi berkata :

وَأَمَّا النِّيَاحَةُ وَالصِّيَاحُ وَرَاءَ الْجَنَازَةِ فَحَرَامٌ شَدِيْدَ التَّحْرِيْمِ

“Adapun Niyaahah dan teriakan di belakang janaazah maka sangat keras pengaharamannya”

📚Roudotut Thoolibiin 2/116.

✍Disusun oleh :

Abu Hanan As_Suhaily Utsman As_Sandakny
               

9 Robi'ul awal 1440-17 November 2018.

🌾 *من مجموعة نصيحة للنساء* 🌾

Sumber :
https://t.me/Nashihatulinnisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Belajar Di Jami'ah Islamiyyah Madinah

Menanggapi akan makruh nya istri memakai celana dalam

YANG ROJIH DALAM TUNTUNAN SHOLAT