Bantahan atas Syubhat boleh nya Bid'ah
🍃Menanggapi syubhat akan bolehnya perkara bidah.
📙Pertanyaan dari Ummu hudzaifah Makasar di group WA NAshihatulinnisa.
Syubhat :Tidak semua yang tidak dilakukan Nabi Nuhammad Shollaallohu
‘aalaihi wasallam menjadi tidak boleh kita lakukan, sebagaimana tidak
semua yang dilakukan Nabi shollaalloohu ‘alaihi wasallam menjadi boleh
kita lakukan.
Ada wilayah yang menjadi kekususan beliau.
Ada yang menjadi wajib beliau, sunnah bagi kita.
Ada yang boleh bagi beliau, haram bagi kita.
Ada yang haram bagi beliau, boleh bagi kita.
Bagaimana menanggapi syubhat tersebut??
➖➖➖➖➖➖➖
Sanggahan dari penyusun :
ucapan diatas biasa di pakai bagi orang orang
membolehkan maulid Nabi dengan memberikan kerancuan, pengaburan
berupa kalimat sisipan yang hak tapi diinginkan kebathilan.
Untuk itu perlu dulu kita mengetahui jenis jenis perbuatan Rasulullooh .
🖊 Berkata Asy-syaikh Al-utsaimin Rohimahullooh menyebutkan jenis-jenis perbuatan Nabi Shollalloohu ‘alaihi Wasallam :
1⃣ ما فعله بمقتضى الجبلة، كالأكل والشرب والنوم، فلا حكم له في ذاته ولكن قد يكون مأموراً به لسبب: مثل السحور. أو منهياً عنه لسبب: مثل الأكل الضار.
Apa yang dilakukan Nabi yang mengharuskan jibillah (semata-mata
tuntutan sebagai manusia biasa dalam tabiat) seperti makan, minum,
tidur, maka tidak ada hukum pada perbuatan tersebut secara zatnya,
akan tetapi kadang diperintahkan dari perbuatan nabi yang
mengharuskan jibillah (seperti tabiat makan ) karena ada suatu sebab
seperti sahur atau terlarang darinya karena suatu sebab seperti
makanan yang berbahaya.
وقد يكون مأموراً به لصفة مطلوبة: مثل الأكل باليمين والنوم على الجنب الأيمن. أو منهياً عنه لصفة مطلوبة: مثل الأكل بالشمال.
Dan kadang diperintahkan karena ada suatu sifat yang dituntut seperti
makan dengan tangan kanan. Dan tidur diatas rusuk kanan atau kadang
dilarang karena sifat yang dituntut seperti makan dengan tangan kiri.
فالفعل الجبلي لا حكم له في ذاته، لأن هذا شئ يفعله الإنسان على سبيل الجبلة، فمثلاً البول والغائط جبلي، فلا حكم له، فلا يقال للإنسان: يُسن لك أن تتبول لأن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتبول، لأن هذا من الأمور
الجبلية.
Dan perbuatan jibillah tidak ada hukum atasnya pada zatnya, sebab
sesuatu yang dilakukan oleh sesorang secara jibillah, misalkan
kencing, dan buang air besar, maka tidak ada hukum padanya, maka tidak akan dikatakan pada seseorang : disunnahkan padamu untuk kencing sebab Nabi Shollalloohu ‘alaihi wasallam kencing, sebab ini dari perkara
jibillaah.
فائدة: يقول شيخ الإسلام بن تيمية " أجمع جمهور الصحابة والأمة أن ما وقع اتفاقاً فليس بمشروع أن نتأسى بالنبي صلى الله عليه وسلم فيه، مثلاً: لو قال قائل: قَدِم الرسول صلى الله عليه وسلم إلى مكة للحج في اليوم الرابع، فهل الأفضل أن لا يكون قدومك إلا في اليوم الرابع؟ نقول: لا، لأن هذا وقع اتفاقاً".
Faidah : Berkata syaikhul islam ibnu taimiyyah Rohimahullooh, :
sepakat jumhur sahabat dan imam bahwa apa yang terjadi secara
kebetulan, maka tidak disyariatkan untuk mencontohi Nabi Shollalloohu ;alaihi wasallam didalamnya , misalkan seandainya seseorang berkata :
Rasulullooh tiba dimakkah untuk haji pada hari ke empat dzulhijjah,
maka apakah lebih afdhol agar kamu tidak datang kecuali pada hari
keempat ? tidak, sebab ini terjadi secara kebetulan.
2⃣ ما فعله بحسب العادة، كصفة اللباس فمباح في حد ذاته، وقد يكون مأموراً به لسبب أو منهياً عنه لسبب.
Dan apa yang dilakukan Nabi sesuai dengan adat seperti sifat dalam
berpakaian, maka dibolehkan pada batasan zatnya, dan adat yang
dilakukan kadang diperintahkan dengan suatu sebab atau dilarang dengan suatu sebab.
فالنبي صلى الله عليه وسلم عاش مع أناس يتعممون ويلبسون الإزار والرداء، فصار يتعمم ويلبس الرداء، وهذا الذي يُفعل على سبيل العادة حكمه أنه مباح، لا نقول أنه لا حكم له كالجبلي، أي يباح للإنسان أن يلبس الثياب على حسب ما جرت به العادة.
Maka Nabi shollalloohu ‘alaihi wasallam hidup bersama orang orang yang
memakai imamah, dan memakai sarung dan rida ‘, maka beliau memakai imamah, dan rida (selendang uang dikenakan menutup bahu ), dan ini dilakukan sebagai adat, maka hukumnya mubah, tidak kita katakan : tidak ada hukumnya seperti jibillah ((semata-mata tuntutan sebagai manusia biasa dalam tabiat), maksudnya dibolehkan bagi seseorang untuk memakai pakaian disesuaikan dengan apa yang berjalan dengan adat.
ولكن قد يكون مأمورأً به لسبب: مثل ملابس الإحرام في الحج.
أو منهياً عنه لسبب: فمثلاً لو اعتاد الناس أن يكون لباسهم أنزل من
الكعبين، ولو اعتاد الناس أن يلبس خاتم الذهب، ما نتبع العادة أي لا نقول هذا مباح لأن العادة هكذا .. فالعادة المحرمة حرام ولو اعتادها الناس.
Akan tetapi kadang apa yang dilakukan Nabi secara adat itu diperintahkan
dengan suatu sebab misalkan pakaian ihram pada saat haji (memakai
sarung dan rida). Atau kadang apa yang dilakukan oleh Nabi secara adat
terlarang darinya dengan suatu sebab misalkan seandainya kebiasaaan
manusia dalam berpakaian melewati dibawah mata kaki (untuk kaum lelaki), atau kebiasan manusia memakai cincin emas (bagi kaum lelaki), maka kita
tidak akan mengikuti adat, maksudnya jangan kita katakan ini perkara
mubah (boleh) karena adatnya seperti itu... maka adat yang diharamkan
adalah haram, walaupun manusia terbiasa dengan adat tersebut.
3⃣ ما فعله النبي عليه الصلاة والسلام على وجه الخصوصية، فيكون مختصاً به كالوصال في الصوم والنكاح بالهبة.
Apa yang dilakukan oleh Nabi sebagai kekhususan beliau, maka ini
dikhususkan untuknya seperti puasa wishol ( dengan tidak berbuka pada saat maghrib dan disambung puasa besok) dan nikah dengan wanita
menghibahkan dirinya pada seseorang.
ولا يحكم بالخصوصية إلا بدليل لأن الأصل التأسي به.
Dan tidak diberikan hukum dengan kekuhususan beliau kecuali dengna
dalil, sebab asal dari perbuatan Nabi untuk di contohi.
4⃣ ما فعله تعبداً، فواجب عليه حتى يحصل البلاغ لوجوب التبليغ عليه، ثم يكون مندوباً في حقه وحقنا، وذلك لأن فعله تعبداً يدل على مشروعيته والأصل عدم العقاب على الترك فيكون مشروعاً لا عقاب في تركه، وهذا حقيقة المندوب.
Apa yang dilakukan oleh Nabi dalam rangka ibadah, maka wajib bagi
beliau sampai terwujudkan penyampaian risalah, disebabkan wajibnya
penyampaian atas beliau, kemudian setelah itu akan menjadi mandub (
disunnahkan ) pada hak beliau shollalloohu ‘alaihi wasallam dan hak
pada kita(ummatnya), dan demikian itu sebab yang dilakukan nabi, dalam
rangka ibadah yang menunjukkan atas disyariatkanya perbuatan tersebut,
dan asalnya adalah tidak ada siksaan bagi siapa yang meninggalkannya,
maka apa yang dilakukan Nabi dalam rangka ibadah maka itu
disyariatkan, tidak ada siksaan bagi yang meninggalkannya, dan inilah hakikatnya mandub (disunnahkan)
مثال ذلك: حديث عائشة أنها سئلت: بأي شئ كان النبي صلى الله عليه وسلم
يبدأ إذا دخل بيته؟ قالت: بالسواك.
Misalkan hadits Aisyah Rdohialloohu Anha bahwasannya ia ditanya dengan sesuatu apa yang beliau mulai jika masuk dalam rumahnya ? dengan bersiwak.
فليس في السؤال عند دخول البيت إلا مجرد الفعل فيكون مندوباً.
Bukanlah dalam pertanyaan tersebut ketika masuknya kedalam rumah kecuali hanya sekedar dari perbuatan Nabi, maka perbuatan tersebut menjadi mandub.(disunnahkan).
فهذا النوع من الأفعال يقصد به النبي صلى الله عليه وسلم التعبد ولا نعلم بكونه عبادة إلا عن طريق فعل النبي صلى الله عليه وسلم ولا نأثم لو تركناه لأنه ليس أمراً حتى يقال: الأمر للوجوب، وإنما نقول فعله إياه على سبيل التعبد يدل على مشروعيته، والأصل عدم العقاب على الترك.
Maka ini adalah jenis dari perbuatan yang dimaksudkan oleh nabi
dengannya ibadah, dan kita tidak mengetahui keberadaan dari perbuatan Nabi sebagai ibadah kecuali dari jalan perbuatan Nabi, dan kita tidak berdosa seandainya kita meninggalkan perbuatan itu, sebab itu bukan perintah dari nabi , sampai dikatakan bahwa perintah itu menunjukkan
wajib. Dan akan tetapi kita katakan perbuatannya nabi itu sebagai
ibadah yang menunjukkan akan disyariatkan ibadah tersebut, dan asal
dari perkara mandub (sunnah ) tidak di siksa atas yang meninggalkan
perkara yang mandub.
وهو في حقه واجب حتى يحصل البلاغ ويعلم الناس به، فيكون مندوباً في حقه وفي حقنا، فوجوب الفعل في حق النبي صلى الله عليه وسلم ليس لذات الفعل
وإنما لغيره، وهو وجوب التبليغ على الرسول صلى الله عليه وسلم، فلو حصل التبليغ بغير الفعل (كالقول مثلاً) صار الفعل في حقه ليس واجباً لأنه مندوب.
Dan perbuatan yang dimaksudkan Nabi dalam rangka ibadah, itu pada hak beliau adalah wajib sampai terwujudkan penyampaian risalah dan manusia pun mengetahuinya, sehingga menjadi mandub (sunnah ) bagi beliau dan kita (ummatnya) untuk melakukannya. Maka kewajiban perbuatan tersebut pada haknya Nabi bukan pada Zatnya perbuatan tersebut, akan tetapi pada selainnya, yaitu wajibnya penyampaian risalah pada Rasulillaah (terhadap ummatnya ), maka seandainya ada penyampaian risalah dari
beliau tanpa ada perbuatan (seperti perkataan misalnya) maka perbuatan tersebut pada haknya Rasulillaah bukan suatu yang wajib, sebab itu
suatu hal yang mandub (disunnahkan).
إشكال: كثيراً ما يشتبه هذا النوع بالثاني والأول، فإن الرسول عليه
الصلاة والسلام قد يفعل فعلاً يشتبه على الإنسان.
هل فعله تعبدا ً؟! أو فعله من أجل العادة ؟! أو فعله بمقتضى الجبلة ؟!! فيقال:
Suatu yang belum jelas: kebanyakan masih terjadi kesamaran antara
jenis kedua dan pertama, sebab Rasulullooh kadang melakukan suatu
perbuatan yang masih samar bagi seseorang apakah nabi melakukan dalam rangka ibadah ?? atau perbuatannya dengan maksud adat / kebiasaan ? atau perbuatannnya yang mengharuskan jibillah ?? maka dikatakan ??
- ما ظهر فيه ملاءمته للنفس فهو جبلة.
- وما ظهر فيه موافقتة للعادة بحيث يقدر الـذهن أن الناس لو كانوا لا
يفعلون هذا ما فعله، أو أنهم لو كانوا يفعلون شيئاً آخر لفعله حكمنا بأنه
عادة.
- وما ظهر منه قصد التعبد بحيث لا يكون ملائماً لمقتضى الجبلة ولا
موافقاً للعادة، فالظاهر أنه إنما فعله على سبيل التعبد.
Apa yang nampak didalamnya ada persesuaian dengan jiwa maka itu jibillah.
Apa yang nampak bersesuaian dengan adat dari sisi pikiran
memperkirakan bahwa manusia seandainya mereka tidak melakukan, maka ia tidak melakukannya atau seandainya manusia melakukan sesuatu yang
lain, maka ia akan melakukannya, ini kita hukumi sebagi adat,
Dan apa yang nampak darinya dengan maksud ibadah, bukan bersesuaian
yang mengharuskan jibillah dan tidak bersesuaian dengan adat, maka yang nampak bahwa itu dilakukan itu sebagai ibadah.
ولو بقي الأمر مشكلاً!
فنقول: الأصل المنع حتى يقوم دليل على قصد التعبد، لأن العبادة لا تشرع إلا بدليل واضح.
Seaandainya masih tersisa perkara yang masih tersamarkan ! maka kita
katakan : secara asal ibadah adalah terlarang sampai tegak dalil akan
maksud ibadah sebab ibadah tidak disyariatkan kecuali dengan dalil
yang jelas.
5⃣ ما فعله النبي صلى الله عليه وسلم بياناً لمجمل من نصوص الكتاب
أوالسنة، فواجب عليه حتى يحصل البيان لوجوب التبليغ عليه، ثم يكون له حكم ذلك النص المبين في حقه وفي حقنا، فإن كان واجباً كان ذلك الفعل واجباً وإن كان مندوباً كان ذلك الفعل مندوباً وهكذا ..
Apa yang dilakukan oleh Nabi Shollalloohu ‘alahi wasallam sebagai
penjelas terhadap yang masih global dari Al-quran dan sunnah, maka wajib atas beliau penyampaian sampai terwujud tabligh (penyampaian risalah), kemudian terhadap hukum nash yang dijelaskan pada hak beliau dan hak kita, dan jika yang dijelaskan adalah wajib, maka perbuatan tersebut wajib, dan jika perbuatan tersebut mandub(sunnah), maka perbuatan tersebut juga mandub. Demikianlah ...
مثال الواجب: أفعال الصلاة الواجبة التي فعلها النبي صلى الله عليه وسلم بياناً لمجمل قوله تعالى: " وأقيموا الصلاة".
Misalnya yang wajib : perbuatan perbuatan sholat yang wajib yang
dlakukan oleh Nabi sebagai penjelasan terhadap yang global dari firman
Allooh :dan kalian dirikanlah sholat (mendirikan sholat masih global dalam ayat dan dijelaskan oleh perbuatan-perbuatan Nabi yang wajib
dalam tata cara dalam sholat).
مثال المندوب: صلاته ركعتين خلف مقام ابراهيم بعد أن فرغ من الطواف
بياناً لقوله تعالى: " واتخذوا من مقام ابراهيم مصلى".
Misalkan yang mandub (sunnah ) : sholatnya Rasulullooh dua rakaat
dibelakang maqom ibrohim setelah menyelesaikan tawaf sebagai penjelasan terhadap firman Alloh :
Dan kalian jadikanlah dari maqam ibrohim sebagai tempat sholat.
📚silahkan lihat dari syarh ushul min ilmi ushul Lil Utsaimin.
UCAPAN SYUBHAT DIATAS ; Tidak semua yang tidak dilakukan Nabi Muhammad
Shollaallohu ‘aalaihi wasallam menjadi tidak boleh kita lakukan..
_________________
🖊 Sanggapan dari penyusun ;
Dari keterangan tentang jenis jenis perbuatan-perbuatan Nabi yang telah lewat , maka ini
memberikan kesimpulan bahwa, tidak mungkin ada yang tidak dilakukan
oleh Nabi yang telah menjadi syariat bagi kita, dari sisi hukumnya itu wajib, atau sunnah atau mubah sehingga membolehkan bagi kita akan melakukannya, Sebab kewajiban bagi Nabi menyampaikan pada
ummatnya risalah ini apakah dengan perbuatan, atau ucapan, atau taqrir
(persetujuan dari Nabi ).
Dengan demikian, Islam ini telah sempurna; tidak membutuhkan tambahan,
pengurangan, atau perubahan sedikit pun dari siapapun dengan boleh melakukan apa yang tidak dilakukan oleh Nabi berupa syari'at.
Dan kapan seseorang melakukan sesuatu syariat yang Nabi tidak
contohkan , maka ini akan mengantarkan dia pada perkara bidah.
Jadi ucapan dari SYUBHAT diatas menganggap Islam perlu ditambah, dan menganggapnya belum sempurna.
مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ
“Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang
tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak.” (HR. Bukhari dan Muslim )
Barang siapa melakukan bid’ah dalam agama dan menganggapnya baik,
sungguh ia telah menganggap Muhammad berkhianat terhadap risalah
(Islam). Sebab, Allah telah berfirman,
ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ
‘Pada hari ini, telah Kusempurnakan agama kalian.’ (al-Maidah: 3)
Sesuatu yang pada saat itu bukan sebagai agama , pada hari ini juga bukan sebagai agama.” lihat Asy-Syathibi, Mukhtashar al-I’tisam hlm. 17
Aisyah radhiallahu ‘anha berkata, “Barang siapa yang beranggapan bahwa
Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembunyikan sesuatu yang telah Allah turunkan, sungguh ia telah berdusta besar terhadap Allah.
Padahal Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,
يَٰٓأَيُّهَا ٱلرَّسُولُ بَلِّغۡ مَآ أُنزِلَ إِلَيۡكَ مِن رَّبِّكَۖ
وَإِن لَّمۡ تَفۡعَلۡ فَمَا بَلَّغۡتَ رِسَالَتَهُۥۚ وَٱللَّهُ
يَعۡصِمُكَ مِنَ ٱلنَّاسِۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَهۡدِي ٱلۡقَوۡمَ
ٱلۡكَٰفِرِينَ ٦٧
‘Hai Rasul, sampaikanlah apa yang di turunkan kepadamu dari Rabbmu.
Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti),
kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari
(gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada
orang-orang yang kafir.’ (al-Maidah: 67)” HR. Muslim
Dalam hadits yang lain beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,
إِنَّهُ لْم يَكُنْ نَبِيٌّ قَبْلِي إِلَّا كَانَ حَقًّا عَلَيْهِ أَنْ يَدُلَّ أُمَّتَهُ عَلَى خَيْرِ مَا يَعْلَمُهُ لَهُمْ وَيُنْذِرَهُمْ شَرَّ مَا يَعْلَمُهُ لَهُ
“Tidaklah Allah mengutus seorang nabi sebelumku kecuali wajib baginya
untuk menunjukkan pada umatnya kebaikan yang ia ketahui dan
memperingatkan kepada mereka kejahatan yang ia ketahui.” HR.
Muslim.
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,
لَيْسَ مِنْ عَمَلٍ يُقَرِّبُ إِلَى الَجنَّةِ إِلاَّ قَدْ أَمَرْتُكُمْ بِهِ، وَلَا عَمَلٍ يُقَرِّبُ إِلَى النَّارِ إِلاَّ قَدْ نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ
“Tidaklah ada sesuatu pun yang mendekatkan kepada al-jannah dan
menjauhkan dari neraka kecuali telah kuterangkan kepada kalian.” HR.
Ahmad dan Ibnu Hibban
Abu Dzar radhiallahu ‘anhu bersaksi,
لَقَدْ تَرَكَنَا مَحمَّدٌ وَمَا يَحرِّكُ طَائِرٌ جَنَاحَيْهِ فِي السَّمَاءِ إِلاَّ أَذْكَرَنَا مِنْهُ عِلْمًا
“Rasulullah benar-benar telah meninggalkan kami dalam keadaan tidak
seekor burung pun yang membalikkan kedua sayapnya di langit kecuali
beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan kepada kami ilmu
darinya.” Tafsir al-Qur’anul ‘Azhim, 4/218.
UCAPAN SYUBHAT ; ADA YANG BOLEH BAGI BELIAU TAPI HARAM BAGI KITA.
__________________
🖊Sanggahan dari penyusun:
Jadi ucapan diatas perlu digaris bawahi boleh bagi beliau shollalloohu
‘alaihi wasallam tidak boleh bagi ummatnya karena ada dalil yang
mengkhususkannya
Secara asal ummatnya Rasululllooh ikut juga melakukan apa yang telah
dilakukan oleh nabi, kecuali ada dalil yang menunjukkan itu adalah
kekhususan beliau.
Berkata imam ibnu Hazm Rohimahullooh :
ولا يجوز أن يقال في شيء فعله عليه السلام إنه خصوص له إلا بنص في ذلك ؛ لأنه عليه السلام قد غضب على من قال ذلك ، وكل شيء أغضب رسول الله صلى
الله عليه وسلم فهو حرام
tidak boleh dikatakan pada sesuatu yang nabi telah melakukanya bahwa
itu khusus buat beliau kecuali dengan dalil akan hal tersebut, sebab
nabi marah atas orang yang mengatakan bahwa itu khsusus beliau(tanpa ada dalil) dan setiap apa yang membuat Rasulullaah marah maka itu adalah
haram.(lihat al-ihkam fi ushul al-ahkam 4/433)
Dan ini yang juga dikatakan oleh Imam Ibnul qayyim Rohimahullooh:
"الأصل : مشاركة أمته له في الأحكام ، إلا ما خصه الدليل
secara asal keikutsertaan ummat Rasulullooh pada beliau dalam hukum
kecuali ada dalil yang mengkhususkannya.(lihat zaadul ma’ad 3/307).
Ada perbuatan khusus yang dilakukan oleh Nabi saja dan bukan kewajiban
untuk umatnya. Misalnya Nabi puasa terus menerus, dan tidak berbuka
pada waktu maghrib dan dilanjutkan puasa sampai besok, boleh menikah
lebih dari 4, dan seterusnya. Perbuatan itu hanya khusus bagi
Rasulullooh dan tidak disyariatkan untuk kita sebagai perkara yang
wajib diikuti.
UCAPAN SYUBHAT ; ADA YANG HARAM BAGI BELIAU TAPI BOLEH BAGI KITA.
____________________
🖊 Sanggahan dari penyusun : apa yang diharamkan bagi beliau atas suatu perbuatan, maka itu suatu
hal yang pasti dilarang bagi ummatnya untuk
melakukannya. Dan tidak mungkin Rasulullooh sebagai qudwah suri teladan bagi ummatnya melakukan suatu yang haram sementara beliau sendiri melarang dari ummatnya untuk tidak melakukannya.
Allooh berfirman :
وَمَا آَتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا
“apa yang Rasul datang pada kalian, ambillah. Dan apa yang dilarang, maka
tinggalkanlah” (al-Hasyr; 7).
Dan juga Rasulullooh bersabda
مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوهُ ، وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَافْعَلُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ
“apa yang aku larang, maka tinggalkanlah. Dan apa yang aku
perintahkan, kerjakanlah semampu kalian” (HR. Muslim).
Jadi ucapan ; ada perbuatan yang haram bagi beliau tapi boleh bagi
ummatnya, ini ucapan yang bathil, hanya untuk menguatkan bidah mereka,
seperti acara maulid, menurut sangkaan mereka, haram bagi Nabi untuk
melakukannya tapi boleh bagi ummatnya.
Dalam masalah ibadah, tidak dibenarkan seseorang pun bertaqarrub
(beribadah) kepada Allah dengan cara yang tidak disyariatkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada kita. inilah yang dapat kita ambil dari larangan beliau tentang bid'ah. Maka bid'ah adalah
beribadah kepada Allah Ta'ala dengan sesuatu yang tidak ada tuntunannya.
Karena itu, ulama berkata,
كُلُّ عِبَادَةٍ لَمْ يَتَعَبَّدْهَا أَصْحَابُ رَسُولِ الله صلى الله عليه وسلم فَلاَ تَعَبَّدُوهَا
'Semua ibadah yang tidak dilakukan para shahabat Rasulullah
shallallahu alaihi wa sallam, hendaklah jangan kalian
beribadah dengannya.'
Ungkapan senada juga dinyatakan oleh Imam Malik rahimahullah,
فَمَا لَمْ يَكُنْ يَوْمَئِذٍ دِيناً ، لاَ يَكُونُ الْيَوْمَ دِيناً
'Apa yang pada hari itu bukan bagian dari agama, maka pada hari inipun
bukan bagian dari agama.'
Maksudnya adalah sesuatu yang tidak dianggap agama pada masa
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan tidak dijadikan sebagai
ibadah kepada Allah, maka hal tersebut tidak dianggap agama setelah
itu.
والحمد لله
ختاما أعتذر عن قصوري في فهم المسائل ، أسأل الله التوفيق والسداد
┈┉┅━❀🍃🌹🍃❀━┅┉┈
✍ Di susun oleh :
Abu Hanan As_Suhaily Utsman As_Sandakany
16 Robi'ul awal 1440-24 November 2018.
🌾 *من مجموعة نصيحة للنساء* 🌾
Sumber :
https://t.me/Nashihatulinnisa
Komentar
Posting Komentar