Sikap Seorang Muslim Terhadap Tanda Salib
🍃 Sikap seorang muslim terhadap tanda salib.
📙Soal dari mutmainnah pinrang di group Wa nashihatulinnisa :
Bagaiamana nasehat nya untuk orang yg posting sprt itu? Di situ ada
lambang salibnya.
┈┉┅━❀🍃🌹🍃❀━┅┉┈
Sebagai orang muslim hendaknya merasa bangga dan mulia dengan
keislamannya dengan menghidupkan dan mengagungkan syiar syiar islam, dan tidak ada kecintaan terhadap orang kafir apakah dengan memakai pakaian mereka atau melariskan gambar yang ada tanda salibnya .
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الْإِسْلَامَ يَعْلُو وَلَا يُعْلَى عَلَيْهِ
“Islam itu tinggi dan tidaklah direndahkan.” (HR. Al Baihaqi).
Dan A’isyah Radhiyallahu ‘anha mengatakan dalam shohih bukhori
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ يَتْرُكُ فِي بَيْتِهِ شَيْئًا فِيهِ تَصَالِيبُ إِلَّا نَقَضَهُ
Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak meninggalkan ssesuatu
apapun di dalam rumah beliau, yang ada gambar salibnya, kecuali beliau
akan menghapusnya.
🖊Ibnu Hajar berkata: “Yang dimaksud النَّقْضِ dalam hadits ini adalah
menghilangkannya. Diantaranya dengan cara menghapusnya jika berupa
ukiran di tembok, atau menggosoknya atau mencoretnya, hingga bentuknya tidak nampak”
📚 lihat Fathul Bari, 10/385-386.
Umar bin Khatab Radhiyallahu ‘anhu pernah menulis surat kepada kaum
muslimin yang tinggal di daerah Azerbaijan (setelah ditaklukkan),
isinya:
وَإِيَّاكُمْ وَزِىَّ أَهْلِ الشِّرْكِ
“berhati hati kalian semua atribut atau perhiasan pelaku kesyirikan.” (HR. Muslim ).
Kenapa Rasulullaah dan Sahabat beliau sangat keras dengan tanda salib sebab tanda salib itu mengandung arti yang sangat mendalam bagi orang orang nashara(menurut anggapan mereka):
1) kemanunggalan dari tuhan Trinitas.
2) salib menunjukkan keadilan tuhan, yang menunjukkan betapa kejamnya
akibat dosa mereka, sehingga tuhan sendiri yang menebusnya dengan
wafatnya di salib itu.
3) salib menunjukkan kasih tuhan yang terbesar, yaitu bahwa Ia
menyerahkan nyawanya bagi kita agar kita dapat
diselamatkan dan memperoleh hidup yang kekal.
4) salib yang merupakan tanda keselamatan dan kemenangan orang-orang
Kristen, yang disebabkan oleh kemenangan Kristus atas dosa dan maut.
Jadi tanda salib ini merupakan lambang yang berdasarkan Alkitab Mereka.
Maka dari itulah membuat tanda salib atau membeli atau melukis di pakaian atau di dinding atau di kertas dan semisal itu termasuk diharamkan, seorang muslim dilarang melakukannya,Bahkan hendaknya dia bertakwa kepada Allah Ta’ala dan menjaga dari syiar kekufuran yang dibuat-buat oleh orang Kristen dalam agamnya., maka dari itu Jangan
ia membuat salib untuk dirinya dan jangan pula membantu orang lain.
🖊Syaikhul islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan,:
" الصليب لا يجوز عمله بأجرة ولا غير أجرة ، ولا بيعه صليبا ، كما لا
يجوز بيع الأصنام ولا عملها ، كما ثبت في الصحيح عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : ( إن الله حرم بيع الخمر والميتة والخنزير والأصنام ) "
“Salib tidak dibolehkan membuatnya, baik dengan upah atau tanpa upah.
Tidak dibolehkan menjual salib sebagaimana tidak dibolehkan menjual
patung dan membuatnya. Sebagaimana telah tsabit(tetap) dalam shahih
dari Nabi sallallahu alaihi wa sallam sesungguhnya beliau bersabda:
إن الله حرم بيع الخمر والميتة والخنزير والأصنام
“Sesungguhnya Allah mengharamkan penjualan khomr, bangkai, babi dan
patung.”
📚 Lihat Majmu fatawa, 22/141
🖊Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan,
" أولاً : لا بد أن نعلم أن هذا صليب ؛ لأن بعض الأشياء يظنها بعض الناس صلباناً وليست كذلك .
“Pertama, kita harus mengetahui bahwa ini adalah salib. Karena
sebagian orang menyangka ini adalah salib padahal bukan (salib).
ثانياً : أن نعلم أنه وُضِع لأنه صليب ، لا لكونه نقشاً في الثوب مثلاً ؛
لأن النصارى يعظمون الصليب ، فلا يمكن أن يجعلوه وَشْياً [زخرفة] في ثوب ، إنما يضعونه موضع الاحترام .
Kedua, kita tahu bahwa diletakkan karena ia salib. Bukan karena hiasan
di pakaian sebagai contoh. Karena orang Kristen mengagungkan salib.
Tidak mungkin mereka menjadikan sebagai hiasan di baju. Akan tetapi
mereka menaruhnya di tempat yang terhormat.
فلابد من هذين الأمرين ، فإذا تحققنا أنه صليب فإن الواجب تمزيقه ، أو
على الأقل : السُّنَّةُ تمزيقه ، ولنقاطع هذه الثياب – التي عليها صلبان
- ؛ فإذا قاطعناها ولم يستفد التجار منها قاطعوها أيضاً . وكذلك يقال في النجمة السداسية التي يقال إنها شعار اليهود ، فحكمها حكم
الصليب ، وإن كان اليهود لا يتخذونها على سبيل العبادة ؛ لكنها مختصة بهم.
Maka harus ada dua hal ini, kalau telah kita pastikan bahwa ia adalah salib, maka harus disobek atau minimal sesuai sunah disobek.
Dan kita harus boikot baju ini (yang ada gambar salib) kalau kita
boikot, maka para pedagang tidak dapat mengambil manfaatnya. Boikot juga sesuatu yang ada bintang segi enam dikatakan sebagai simbol kaum Yahudi. Maka hukumnya sama seperti hukum salib. Walaupun orang Yahudi tidak mempergunakannya untuk beribadah akan tetapi simbol itu menjadi
ciri khusus bagi mereka.
نحن سألنا عنها النصارى الذين أسلموا [يعني : عن الصلبان] فقالوا : إن الصليب عندنا هو الصليب المعروف ؛ أن يكون خطان ، أحدهما يقع عرضاً والثاني طولاً ، ويكون الطوليُّ مِن جانبٍ أطولَ من الثاني .
حتى إننا سألناهم عن ساعة الصليب هذه التي يسمونها ساعة الصليب فقالوا : هذه لا يراد بها الصليب ، هذه علامة الشركة فقط ؛ لأن الصليب عند النصارى
يقولون عنه : إنه خط مرتفع طويل ، ثم خط عرْضي ، وأحد الجانبين في الخط الطولي أطول من الآخر ؛ لأن هذا هو الواقع ، فالإنسان المصلوب توضع له خشبةٌ عرضاً من أجل أن تربط بها يداه ، فهل يمكن أن تكون الخشبةُ الموضوعةُ لليدين موضوعةً في النصف ؟! لا . بل تكون في الأعلى ، لهذا نحن في شك من هذه التي نُشِرَت قبل سنتين
بأشكال مختلفة ، وقالوا : هذه صلبان ! ثم إن علامة (+) هل هي صليب ؟ ليست صليباً . كذلك يوجد فيما سبق الدلاء التي يُرفع بها الماء من البئر ، في أعلاها شيء يُسمى : ( العَرْقات ) ، عبارة عن خشبتين ، إحداهما عَرْضِية والأخرى
طولية ، فمِن هذه الأشياء ليست صليباً . فالشيء الصليب هو الذي وُضع على أنه صليب " انتهى.
Kami pernah menanyakan tentang salib kepada orang Kristen yang telah
masuk Islam, mereka mengatakan, “Salib bagi kami adalah salib yang
dikenal, ada dua garis, salah satu membentang dan satunya memanjang.
Dimana sisi memanjang lebih panjang dari pada yang membentang. Sampai
ketika kami menanyakan kepada mereka tentang jam salib dimana mereka
menamakan –jam salib- mereka mengatakan, “Ini tidak dimaksudkan
sebagai salib. Ini sekedar tanda suatu perusahan saja. Karena salib
menurut orang Kristen mereka mengatakan, “Bahwa garis memanjang lebih tinggi kemudian garis membentang. Dimana salah satu sisi dalam garis
memanjang lebih panjang dari yang lainnya. Dan ini realita yang ada.
Seseorang yang disalib ditaruh kayu membentang karena di ikat kedua
tangannya. Apakah mungkin kayu yang dibuat untuk kedua tangan dibuat
separuhnya (setengah dari yang memanjang)? Tidak bahkan ia berada
lebih tinggi. Oleh karena itu kami meragukan yang disebarkan ini sebelum dua tahun lalu dengan berbagai macam bentuk. Mereka mengatakan, “Ini namanya salib. Kemudian tanda ( + ) apakah termasuk salib? Ia bukan salib. Begitu juga dahulu timba yang ditaruh air dari sumur, di atasnya seperti dua kayu dinamakan ‘Arqot’ dimana salah satunya membentang dan satunya memanjang. Seperti ini tidak termasuk
salib. Sesuatu itu dikatakan salib, adalah sesuatu yang diletakkan
sebagai salib.”
📚lihat Liqo Bab Maftuhu, pertemuan no 21/ soal no. 7.
Beliau juga mengatakan,
" أما ما ظهر منه أنه لا يراد به الصليب ، لا تعظيما ، ولا بكونه شعارا ، مثل بعض العلامات الحسابية ، أو بعض ما يظهر بالساعات الإلكترونية من علامة زائد ، فإن هذا لا بأس به ، ولا يعد من الصلبان بشيء
“Adapun apa yang tidak dimaksudkan sebagai salib, tidak diagungkan dan tidak dijadikan simbol, seperti sebagian tanda dalam matematika
atau sebagian yang nampak di jam elektronik dengan ada tanda tambahan. Maka hal ini tidak mengapa, tidak termasuk sedikitpun dari salib.”
📚l lihat Majmu fatwa Wa Rosail Ibnu Utsaimin juz. 18/114 jawaban soal no. 11574.
🖊Beliau rahimahullah ditanya
مررت بأحد المباني في إحدى مدننا ، وكان هذا المبنى النوافذ فيه على شكل صلبان - كل النوافذ - وهو مكون من عشرة طوابق ، وهي مشابهة تماما لما يصممه الغربيون في منازلهم؟
فأجاب:
"والله يا أخي ! هذه تحتاج إلى مشاهدة العمارة ، وليس كل ما جاء على شكل الصليب يكون صليبا ، وإلا لقلنا : علامة زائد حرام ، وقلنا : الغرب الذي كان الناس يستقون به حروثهم حرام ؛ لأنه معروف ، خشبتان معترضتان ،
الصليب له شكل معين ، وله قرائن تدل على أنه صليب ، فيحتاج إلى مشاهدة العمران " انتهى بتصرف يسير.
“Saya lewat di salah satu bangunan di salah satu kota kami, dimana
jendela bangunan ini berbentuk seperti salib (semua jendelanya)
terdiri dari 10 tingkat, ia mirip sekali dengan apa yang diarsiteki orang barat di rumah mereka?
Maka beliau menjawab,
“Demi Allah wahai
saudaraku, hal ini butuh dilihat bangunannya langsung. Tidak semua
bentuk salib itu menjadi salib. Kalau tidak, kita katakan tanda tambahan itu haram, kita juga akan katakan, palang kayu yang digunakan orang-orang mengaliri sawahnya adalah haram. Karena dikenal dua kayu yang membentang. Salib itu adalah gambar tertentu dan ada indikasi yang menunjukkan itu salib. Maka, dibutuhkan untuk melihat (langsung)
bangunan tersebut..
Jadi bagi yang telah membeli suatu pakaian atau atribut atau perkakas, artsitek rumah yang ada gambar salibnya, maka untuk segera
menghilangkannya.
📚 lihat dalam ‘Liqo Bab Maftuh, pertemuan no/199 soal no. 9,
🖊Lajnah daimah di tanya : Apa hukum memakai pakaian yang bergambar
salib? Ketika beli, saya tidak tahu ada gambar salibnya. Ketika beli,
gambarnya kurang jelas. Bagaimana hukum memakainya?
Jawaban Lajnah:
إذا علِم بوجود الصليب في الملابس بعد شرائها : فإنه تحرم الصلاة فيها ، وتجب إزالة الصليب بما يزيل صورته ، بحك ، أو صبغ ، أو نحو ذلك ، ولما روى البخاري في ” صحيحه ” عن عمران بن حطان : أن عائشة رضي الله عنها حدثته : (أن النبي صلى الله عليه وسلم لم يكن يترك في بيته شيئاً فيه
تصاليب إلا نقضه)
Jika baru diketahui ada gambar salib di baju setelah di beli, maka
haram menggunakannya untuk shalat. Gambar salib itu wajib dihilangkan
dengan cara apapun yang bisa menghilangkan gambar itu. Baik dengan
digosok atau diwantex, atau cara lainnya. Ini berdasarkan hadis
riwayat Bukhari dari Imran bin Hithan, bahwa A’isyah Radhiyallahu
‘anha mengatakan,
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak meninggalkan satupun barang
yang masuk ke rumah beliau, yang ada gambar salibnya, kecuali beliau
akan menghapusnya.”
📚 Fatwa Lajnah, 19/24
🔎Kesimpulan dari penjelasan ulama di atas :
1.Jika digambar itu ada salib yang jelas diletakkan sebagai salib, dan
pengagungan terhadap tanda itu, maka terlarang memakai, membeli,
menjual.,karena sebab pengharaman adalah menggambar salib dan
memakainya adalah menjauhi menyerupai orang Nashrani dan pengagungan
simbol keagamaan mereka.
2.Adapun jika salib di gambar itu sebagai hiasan tertentu atau dibuat sebagian peralatan rumah,atau arsitek bangunan dan bersesuaian dengan bentuk salib maka hal ini dilihat:
➖Jika bagi yang melihat pertama kalinya, itu adalah gambar salib yang
sudah terkenal dalam bentuk dua garis salah satu lebih panjang dan
yang lain melintang. Artinya bertemunya garis melintang dengan garis
memanjang dan sisi atas lebih pendek dari yang bawah maka harus
dihapus atau dihilangkan atau diperbaiki sehingga tidak tampak salib.
➖Kalau gambar salib tidak nampak jelas , akan tetapi sekedar hiasan yang bukan dimaksudkan. Atau bangunan dengan arsitek yang terpotong dan corak
Atau seperti lambang perkalian dalam ilmu matematika. Dalam kondisi
seperti ini, tidak diwajibkan menghapus dan menghilangkannya. Tidak
mengapa membuatnya, menjual dengan apa yang terkandung seperti itu
karena tidak adanya sebab pengharaman yaitu menyerupai orang kafir dan mengagungkan simbul mereka, sebab simbul Salib dalam kondisi seperti
ini agak halus. tidak terlihat pandangan mata awal kali melihatnya,
dan juga tidak dianggap.
Soal berhubungan dengan gambar di ajukan pada ulama Yaman .
[1/11 6:53 AM] ابو حنان السندكاني: السلام عليكم ورحمه الله وبركاته
[1/11 6:53 AM] ابو حنان السندكاني: احسن الله اليك يا شيخنا
هل هذه الرسالة التي فيها التصاليب ممنوعة، أو هى ليست من التصاليب ؟ وماذا نصحيتك يا شيخنا لمن نشر الرسالة الدينية فى مثل هذه الصورة
[1/11 7:10 AM] الشيخ عبد الحميد الحجوري حفظه الله: وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته اتقوا الشبهات
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh
Apakah tulisan itu yang didalamnya ada tanda salib adalah terlarang , atau bukan dari salib terlarang.Dan apa nasehat kamu ya Syaikh terhadap orang yang mengirim tulisan seperti di gambar??
🖊 jawaban Asy Syaikh Abdul Hamid Al hajury hafdzahullooh
Jauhilah dari perkara syubhat .
Tambahan pent':
Sebab tidak nampak jelas, dan masih samar apakah bagi yang melihat awal kalinya termasuk gambar salib atau hanya sebagian hiasan atau corak yang bukan dimaksudkan. Maka dari itu Lebih utamanya untuk ditinggalkan hal seperti itu .
ختاما أعتذر عن قصوري في فهم المسائل, وأسأل الله التوفيق والسداد
✍Di susun oleh Abu hanan As-Suhaily Utsman As-sandakany
23 Safar 1440 _ 1 November 2018
🌾 *من مجموعة نصيحة للنساء* 🌾
Sumber :
https://t.me/Nashihatulinnisa
Komentar
Posting Komentar