Berhujjah dengan khilaf Ulama untuk membenarkan pendapat nya
๐ Bolehkah berhujjah dengan khilaf yang terjadi di kalangan ulama untuk membenarkan pendapat yang ia pegang, walaupun ia tahu pendapatnya lemah dan bertentangan dengan dalil yang kuat ???
โโโโ โโ๐๐น๐โโโ โโ
Ketahuilah perbedaan pendapat bukanlah suatu hujjah untuk membenarkan pendapat yang kita pegang dari seorang ulama, sementara pendapat itu lemah dan bertentangan dengan dalil yang ada .
Dan hendaklah senantiasa kita menuntut akan keberadaan dalil , tatkala ada perselisihan, dan bukanlah justru kita berhujjah bahwa , ini kan terjadi perselisihan dan silang pendapat dikalangan ulama .
๐Diantara dalil bahwa mengedepankan dalil dan mencari dalil adalah ketika seorang lelaki dari penduduk Syaam bertanya kepada Abdullah bin โUmar tentang masalah tamattuโ dengan melaksanakan โumrah dahulu, baru kemudian haji.
๐๐ปMaka โAbdullah bin โUmar berkata :
ูููู ุญูููุงููุ
โHal itu halalโ.
Orang itu berkata :
ุฅููู ุฃูุจูุงูู ููุฏู ููููู ุนูููููุง
Sesungguhnya ayahmu (Umar bin Khattab) telah melarang haji tamattu' .
๐๐ปAbdullah bin โUmar berkata :
ุฃูุฑูุฃูููุชู ุฅููู ููุงูู ุฃูุจูู ููููู ุนูููููุง ููุตูููุนูููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฃูุฃูู ูุฑู ุฃูุจูู ููุชููุจูุนู ุฃูู ู ุฃูู ูุฑู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
Bagaimana pendapatmu ,jika ayahku melarangnya, padahal Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam telah melakukannya. Apakah perkara ayahku yang diikuti ataukah Perkara Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam ?
Laki-laki itu menjawab :
ุจููู ุฃูู
ูุฑู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู
Tentu saja perkara Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam yang kita ikuti.
๐๐ปIbnu โUmar berkata :
ููููุฏู ุตูููุนูููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู
Sungguh betul betul Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam telah melakukannya yaitu haji tamattu'.
๐Diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi
๐ Berkata Al _ khottaby Rohimahullooh :
ูููุณ ุงูุฅุฎุชูุงู ุญุฌุฉ ุ ูุจูุงู ุงูุณูุฉ ุญุฌุฉ ุนูู ุงูู ุฎุชูููู ู ู ุงูุฃูููู ูุงูุขุฎุฑูู
perbedaan pendapat bukanlah suatu hujjah , akan tetapi penjelasan sunnah adalah hujjah atas orang orang yang berselisih pendapat dari kalangan orang terdahulu dan sekarang .
๐ A'laamu Al hadits 3/2092.
๐ Berkata imam Asy_Syatibi Rohimahullooh:
ูุฑุจู
ุง ููุน ุงูุชุงุก ูู ุงูู
ุณุฃูุฉ ุจุงูู
ูุนุ ูููุงู: ูู
ุชู
ูุนุ ูุงูู
ุณุฃูุฉ ู
ุฎุชูู ูููุ! ููุฌุนู ุงูุฎูุงู ุญุฌุฉ ูู ุงูุฌูุงุฒ ูู
ุฌุฑุฏ ููููุง ู
ุฎุชููุงู ูููุงุ ูุง ูุฏููู ุนููู ูุฏู ุนูู ุตุญุฉ ู
ุฐูุจ ุงูุฌูุงุฒุ ููุง ูุชูููุฏ ู
ู ูู ุฃููู ุจุงูุชูููุฏ ู
ู ุงููุงุฆู ุจุงูู
ูุนุ ููู ุนูู ุงูุฎุทุฃ ุนูู ุงูุดุฑูุนุฉุ ุญูุซ ุฌุนู ู
ุง ููุณ ุจู
ุนุชู
ุฏ ู
ุนุชู
ุฏุงูุ ูู
ุง ููุณ ุจุญุฌุฉ ุญุฌุฉ
Maka kadang terjadi fatwa dalam satu permasalahan dengan pelarangan, lalu dikatakan : Mengapa kamu melarang, dan ini adalah permasalahan yang diperselisihkan ?โ
Maka ia menjadikan perselisihan pendapat sebagai hujjah akan pembolehan karena sekedar keberadaan permasalahan yang diperselisihkan didalamnya,
๐๐ปbukan karena dalil yang menunjukkan akan benarnya Madzhab yang membolehkan,
๐๐ปdan bukan pula karena taqlid pada orang yang lebih pantas untuk ditaqlidi(diikuti) pendapatnya dari orang yang melarangnya.
๐ซDan ini merupakan kesalahan dalam syariโat , dari sisi :
๐๐ปmenjadikan sesuatu yang bukan sebagai sandaran sebagai sandaran,
๐๐ป dan menjadikan sesuatu yang bukan hujjah sebagai hujjah.
๐Al-Muwaafaqaat, 4/141.
๐ Berkata Syaikhul Islaam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah :
ูููุณ ูุฃุญุฏ ุฃู ูุญุชุฌ ุจููู ุฃุญุฏ ูู ู ุณุงุฆู ุงููุฒุงุนุ ูุฅูู ุง ุงูุญุฌุฉ: ุงููุตุ ูุงูุฅุฌู ุงุนุ ูุฏููู ู ุณุชูุจุท ู ู ุฐูู ุชูุฑุฑ ู ูุฏู ุงุชู ุจุงูุฃุฏูุฉ ุงูุดุฑุนูุฉุ ูุง ุจุฃููุงู ุจุนุถ ุงูุนูู ุงุกุ ูุฅู ุฃููุงู ุงูุนูู ุงุก ูุญุชุฌ ููุง ุจุงูุฃุฏูุฉ ุงูุดุฑุนูุฉุ ูุง ูุญุชุฌ ุจูุง ุนูู ุงูุฃุฏูุฉ ุงูุดุฑุนูุฉ
Dan tidak boleh bagi seseorang untuk berhujjah dengan perkataan seseorang dalam permasalahan yang diperselisihkan.
Akan tetapi Hujjah itu hanyalah nash (Al Qur'an dan hadits), ijmaโ, dan dalil yang dihasilkan dari perkara demikian ,yang pendahuluannya di tetapkan dengan dalil-dalil syarโiy, bukan dengan perkataan sebagian ulama.
Karena perkataan sebagian ulama itu dicarikan hujjah dengan dalil-dalil syarโi, bukan dijadikan hujjah atas dalil yang syar'i.
๐ Majmu fatawa 26/202-203.
๐ Berkata Ibnu Abdil-Barr rahimahullah :
ุงูุงุฎูุชููุงูู ููููุณู ุจูุญูุฌููุฉู ุนูููุฏู ุฃูุญูุฏู ุนูููู ูุชููู ู ููู ููููููุงุกู ุงูุฃูู ููุฉูุ ุฅููุง ู ููู ูุง ุจูุตูุฑู ููููุ ูููุง ู ูุนูุฑูููุฉู ุนูููุฏูููุ ูููุง ุญูุฌููุฉู ููู ูููููููู
Perselisihan pendapat bukanlah hujjah disisi seseorang yang aku tahu dari kalangan fuqahaa umat ini kecuali orang yang tidak mempunyai ilmu dan pengetahuan serta orang yang tidak ada hujjah dalam perkataannya.
๐Jaamiโul-Bayaan, hal. 922.
๐ฌ Sebagai suatu kesimpulan , ketika terjadi perbedaan fatwa ulama dalam suatu permasalahan, janganlah kita beranggapan ini kan masalah yang diperselisihkan ulama dari dulu maupun sekarang, janganlah kita saling memaksa, dan hendaknya saling menghargailah pendapat, dan pendapat yang saya pegang dari seorang alim ulama , tentunya punya juga dalil. Tapi hendaknya kita berusaha melihat dalil dalil yang dipakai ulama berhujjah, mana yang lebih kuat dari pendalilannya, bukan karena fatwa itu sesuai dengan hawa nafsu kita, itu yang dijalankan.
ูุณุฃู ุงููู ุงูุชูููู ูุงูุณุฏุงุฏ
โ Disusun oleh
Abu Hanan As-Suhaily Utsman as Sandakany
25 Jumadil Tsani 1440 - 3 Maret 2019
Sumber :
https://t.me/Nashihatulinnisa
โ๐พ *ู ู ู ุฌู ูุนุฉ ูุตูุญุฉ ูููุณุงุก* ๐พ
Komentar
Posting Komentar