Belajar Mengajar Di Masjid dan Sekolah Keberkahan nya Tidak Sama

🍃belajar mengajar ilmu syar'i di selain masjid seperti mushalla atau rumah atau sekolah , keberkahan dan keutamaannya tidak sama

🖊 Berkata salah seorang dari kalangan Sholihin.

Dulu kami menuntut ilmu agama di masjid.

Kemudian sekolah sekolah dibuka , maka hilang keberkahan.

Dan diletakkan kursi kursi(di sekolah) maka hilang tawadhu.

Dan diletakan ijazah , maka hilang keihklasan.

📚terjemahan dari gambar

‎┈┉┅━❀🍃🌹🍃❀━┅┉┈

🖊 Asy_ Syaikh Al Allaamah Al faqih Al mufassir Al Utsaimin Rohimahullooh di tanya

السُّــــ❓ـــــؤَالُ : ☟
⇦«الحديث المروي عن رسول الله صلى الله عليه وسلم ما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه فيما بينهم؛ إلا نزلت عليهم السكينة، وغشيتهم الرحمة، وحفتهم الملائكة، وذكرهم الله فيمن عنده هل لو اجتمع قوم في غير بيت من بيوت الله ويتدارسون في كتب الفقه والعقيدة والتفسير والحديث وغير ذلك فهل ينالون مثل هذا الفضل من الله سبحانه وتعالى، أم أنهم أقل درجة من أولئك؟ »

Pertanyaan : Hadits yang diriwayatkan dari Rasulullah : dan tidaklah berkumpul suatu kaum di masjid dari masjid masjid Allooh yang mana mereka sedang
membaca kitab Allooh, dan mereka saling mempelajari diantara mereka
kecuali akan turun ketenangan atas mereka, dan rahmat Allooh akan
meliputi mereka, para malaikat akan menaungi mereka dan Allooh akan
menyebut-nyebut mereka  di hadapan para malaikatnya yang
dimuliakan.(hadits)

Seandainya suatu kaum berkumpul di selain masjid dari masjid Allooh, dan mereka  mempelajari kitab fiqh , dan Aqidah dan tafsir, dan hadits dan selain dari itu , apakah mereka akan mendapatkan seperti keutamaan dalam hadits dari Allooh atau mereka mendapatkan derajat yang lebih sedikit dari mereka (yang mempelajari di masjid).

الجَـــ ✅ ـــوَابُ : ☟
⇦«إذا دلّ الكتاب والسنة على ثواب معين بصفة معينة فإننا لا نتعدّاه،
الرسول عليه الصلاة والسلام قال: « ما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله » وبيوت الله هي المساجد،
☚ فإذا اجتمع قوم في غير المساجد فإنه لا يكتب لهم هذا الأجر لكنهم في اجتماعهم على خير ولا شك.
☜ أما الأجر الخاص الذي رتب على هذا العمل الخاص فإنه لا يحصل إلا بالأوصاف التي اعتبرها الشارع.» ❪ ❀ ❫
المصــ⇩⇩ــدر 📥
[http://binothaimeen.net/upload/ftawamp3/od_170_02.mp3].

🖊Maka beliau menjawab :

Jika Al Qur'an dan Hadits menunjukkan akan suatu pahala yang tertentu dengan sifat yang tertentu, maka jangan kita  melampaui batas terhadapnya. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Bersabda :

ما اجتمع قوم فى بيت من بيوت الله

"Tidaklah mereka berkumpul di suatu rumah dari rumah rumah Allooh"

Rumah rumah Allooh adalah masjid masjid.

👉🏻 Maka jika suatu kaum berkumpul di selain masjid masjid, maka tidak di tulis untuk mereka pahala tersebut (sebagaimana dalam hadits), akan tetapi berkumpulnya mereka tentunya itu di atas suatu kebaikan, tanpa diragukan lagi.

👉🏻 Adapun pahala khusus,  yang dihasilkan dari amalan khusus, maka pahala khusus tersebut tidak akan terwujudkan kecuali dengan sifat sifat yang teranggap oleh pembuat syariat (yaitu Allooh)

📚 Masdar http://binothaimeen.net/ upload/ ftawamp3/.

Jadi keutamaan yang dengannya seseorang akan mendapatkan ketenangan, Rahmat Allooh  meliputi mereka, malaikat  menaungi mereka, Dan Allooh akan menyebut nama nama mereka di sisi para malaikatNya, ini tidak akan didapatkan kecuali bagi mereka yang mempelajari agama Allooh di Masjid.

💬Wahai penuntut ilmu atau seorang pengajar,  semangatlah kalian untuk belajar dan mengajar ilmu syar'i di masjid masjid ahli Sunnah

🖊Nasehat  dari Syaikh kami al-allamah al-Muhaddits Naashihul Amin yahya bin ‘ali al-hajury hafidzahullooh :

بركة وفضل طلب العلم الشرعي في بيوت الله (المساجد)

Keberkahan dan keutamaan menuntut ilmu syar’i di rumah-rumah
Allooh(masjid-masjid Allooh).

قال رسول صلى الله عليه وسلم سبعة يظلهم الله في ظله، يوم لا ظل إلا ظله -ذكر منهم ورجل قلبه معلق بالمساجد)  أي بذكر الله يحب فيه الصلاة، يحب فيه قراءة القرآن، ويحب فيه ذكر الله، ويحب فيه  العلم.
Rasulullaah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda : ada tujuh golongan
yang Allooh akan menaungi mereka pada naungannya pada hari yang tidak

ada naungan kecuali naunganNya, disebutkan salah satu dari mereka
adalah( seorang yang senantiasa hatinya bergantung dimasjid)
maksudnya dengan mengingat Allooh, senang sholat di masjid, senang
membaca al-quran dalam masjid, senang berdzikir didalamnya, dan senang
ilmu(yang diajarkan) di dalam masjid.

*فضيلة حضور مجالس العلم في المساجد.*

Keutamaan menghadiri majlis majlis ilmu di dalam masjid.

1.      لأنه يكون في بيت من بيوت الله
Sebab majlis ilmu tersebut diadakan dimasjid dari masjid masjid Allooh.

فعن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم وما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه بينهم إلا نزلت عليهم السكينة وغشيتهم الرحمة وحفتهم الملائكة وذكرهم الله فيمن عنده رواه مسلم.
Dari sahabat abu hurairah rodhialloohu ‘anhu berkata: bersabda
Rasulullaah shollalloohu ‘alaihi wasallam, dan tidaklah berkumpul
suatu kaum di masjid dari masjid masjid Allooh yang mana mereka sedang
membaca kitab Allooh, dan mereka saling mempelajari diantara mereka
kecuali akan turun ketenangan atas mereka, dan rahmat Allooh akan
meliputi mereka, para malaikat akan menaungi mereka dan Allooh akan
menyebut-nyebut mereka  di hadapan para malaikatnya yang
dimuliakan.(HR Muslim).

2. أنه بمشيه إلى المسجد تحط عنه سيئة ويرفع الله له درجةعن كل خطوه يخطوها.

Bahwa dengan berjalannya ia menuju masjid akan menghapuskan satu
kesalahan darinya, dan Allooh akan mengangkat satu derajat untuknya
dari setiap langkah kakinya yang ia langkahkan.

فعن أَبي هريرةَ  أَنَّ النبيَّ ﷺ قَالَ: مَنْ غَدا إِلى المسْجِدِ أَوْ رَاحَ، أَعَدَّ اللَّه لهُ في الجَنَّةِ نُزُلًا كُلَّمَا غَدَا أَوْ رَاحَ مُتَّفَقٌ عليه. وعنهُ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قالَ: مَنْ تَطَهَّرَ في بَيْتِهِ، ثُمَّ مَضى
إِلى بيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ، لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرائِضِ اللَّهِ، كانَتْ خُطُواتُهُ، إِحْدَاها تَحُطُّ خَطِيئَةً، والأُخْرى تَرْفَعُ دَرَجَةً رواه مسلم.

Dari Abu hurairah rodhiallohu ‘anhu : Barang siapa pergi ke masjid
pagi atau petang hari,maka Allooh akan menyiapkan untuknya hidangan di surga setiap kali ia berangkat pagi atau petang
(Muttafaqun ‘alaihi).

Dari Abu hurairah  bahwa Rasululllooh bersabda : Siapa yang berwudhu
dirumahnya kemudian berangkat menuju kemasjid dari masjid masjid Allooh untuk menunaikan salah satu kewajiban dari kewajiban Allooh, maka salah satu langkahnya menghapuskan dosa dan satu langkah yang lain akan mengangkat derajat.(HR muslim).

3. وأن هذا كان عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم وأصحابه رضوان الله عليهم والسلف الصالح رحمهم الله.

Dan  sungguh inilah(belajar d imasjid)  dahulu Rasulullooh
shollalloohu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya ridhwanulloohi
‘alaihim dan salafus-sholih(para pendahulu yang sholih) rohimahullooh
berada diatasnya.

4. أنه مازال في مسجده الذي صلى فيه تستغفر له الملائكة.
Bahwa orang yang belajar dimasjid maka ia senantiasa berada dalam
masjid yang ia sholat didalamnya, maka para malaikat terus memintakan ampun kepada allooh untuknya.

كما جاء في الحديث الذي رواه البخاري ومسلم ( عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : (الْمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ الَّذِي صَلَّى فِيهِ ، مَا لَمْ يُحْدِثْ ، تَقُولُ : اللَّهُمَّ
اغْفِرْ لَهُ ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ) .

Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam  Bukhori dan Muslim dari sahabat Abu Hurairah bahwa Rasulullooh bersabda : bahwa
malaikat mendoakan atas salah seorang dari kalian selama ia berada
ditempat sholatnya yang dia sholat didalamnya, selagi mereka tidak
berhadats, malaikat akan mengatakan Ya Allooh Ampunilah untuknya, Ya
Alloh rahmatilah dia.

5. أنه يكون بمثل هذا الحال على طهارة يدخل  يصلي ركعتين فيحضر
الدرس،فهذه بركات كثيرة.
Bahwasannya ia dengan keadaan seperti itu masuk dalam masjid, lalu
sholat dua rakaat, kemudian menghadiri pelajaran, maka ini suatu
keberkahan yang sangat banyak.

فسلفنا رضوان الله عليهم، لما كانت حلقاتهم بالمساجد برَّزوا وحملوا العلم حملا عظيمًا، وأوصلوه إلينا صافيًا وزكاهم الله به

لاسِيَّما وهم على طريقة سَلفِيَّة أصيلة ; كِتَاب وسُنَّة ومَنهَج سَلَفْ.
Maka  pendahulu kita semoga Allooh meridhoi mereka, tatkala halaqah
halaqah mereka di masjid, maka mereka pun nampak dari sisi ilmu, dan
mereka menyandang ilmu dengan bawaan yang sangat banyak, dan mereka menyampaikan pada kita dalam keadaan bersih , dan Allooh mensucikan mereka dengan ilmu tersebut.

Terlebih lagi mereka berada diatas  jalan
salafiyah yang asli dari kitabullooh dan sunnah Rasulillah dan manhaj
salaf.

↩ وأصحاب الدكتوراه وأصحاب الماجستير ماحصل منهم كبير نفع ، لا ...راه
ولا ....تير  إلا من رِحَمَ الله عز وجل، وأقبل على العلم النافع.
Dan para doktor agama dan  master agama, tidak terhasilkan dari mereka
manfaat yang  besar, tidak....sekedar fatamorgana dan tidak ada manfaat yang besar.....hanya kesombongan kecuali siapa yang dirahmati
oleh Allooh, dan dia mendatangi(tersibukkan) dengan ilmu yang
bermanfaat.
↩وإلا تحصل عليها وذهب بعد أعماله وبعد وظائفه.
Dan jika tidak, maka ia akan dapatkan hal tersebut(dengan berbagai
gelar), dan ia akan pergi setelah selesai tugas tugas dan pekerjaannya(dalam akademik kependidikan).

استبدلوا لفظ الفقيه بغيره
ومن العجيب محدثون دكاترة.
والله لو علم الجدود بفعلنا
لتناقلوها في المجالس نادرة.
Mereka menggantikan lafadz al-faqih(orang yang faqih) dengan lafadz selainnya.

Dan termasuk hal yang mengherankan, adalah lafadz Muhaddits(ahli
hadits)  diganti dengan Doktor.

Demi Allooh, seandainya sesepuh(orang tua) mereka  mengetahui apa yang telah kita lakukan,
Maka pasti mereka akan menceritakannya dalam suatu majlis sebagai
suatu cerita yang ganjil.

ومن البركة تأهيل الشباب وتعليمهم وسائر الناس  على أيدي علماء السنة في المساجد. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم وما اجتمع قوم في بيت من بيوت
الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه بينهم إلا نزلت عليهم السكينة وغشيتهم الرحمة وحفتهم الملائكة وذكرهم الله فيمن عنده )وفي حديث صفْوانَ : إِنَّ الْملائِكَةَ تَضَعُ أَجْنِحتِها لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضا بما يصنع.

Dan dari keberkahannya juga belajar dimasjid adalah kemapanan ilmu
bagi para pemuda dan pengajaran terhadap mereka  dan seluruh manusia diatas bimbingan ulama sunnah, itu dilakukan di dalam masjid.Karena Rٌasulullaah telah bersabda : dan tidaklah berkumpul suatu kaum di masjid dari masjid masjid Allooh yang mereka membaca kitab Allooh, dan
mereka saling mempelajari diantara mereka kecuali akan turun ketenangan atas mereka, dan rahmat akan meliputi mereka, para malaikatvakan menaungi mereka dan Allooh akan menyebut nyebut mereka  di hadapan para malaikatnya yang dimuliakan.(HR muslim).

Dan dalam hadits
sofwan : Sungguh para malaikat meletakkan sayap-sayapnya kepada
penuntut ilmu, karena ridho dengan apa yang diperbuat.

↩ وأن يكون طَلب العلم لله.
↩ طلب العلم في موضعه في المساجد.
↩ طلب العلم مع بذله، ونفعه، والدعوة إليه.
قال تعال:{ وَالْعَصْر إِنَّ الْإِنْسَان لَفِي خُسْر إِلَّا الَّذِينَ
آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَات وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا
بِالصَّبْرِ }.
Dan Hendaknya menuntut ilmu karena Allooh, dan menuntut ilmu pada
tempatnya yaitu di dalam masjid, dan menuntut ilmu bersamaan dengan
itu mencurahkan tenaga dan memanfaatkan ilmu dan berdakwah diatasnya.
Allooh telah berfirman Demi masa, sesungguhnya manusia betul betul
dalam kerugian keuali orang yang beriman, dan beramal sholih dan
saling mewasiatkan terhadap al haq dan kesabaran.

والحمد لله رب العالمين 
حمود الثوابي
#قناة_أبي_خالد_الدعوية
ساهم.معنا.في.نشر.القناة.tt
https://t.me/abukhlid3320

✍Diterjemahkan oleh :
Abu Hanan As-Suhaily Utsman As-Sandakany

3 Robiu Tsani 1440 – 11 Desember  2018.

🌾 *من مجموعة نصيحة للنساء* 🌾

Sumber :
https://t.me/Nashihatulinnisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Belajar Di Jami'ah Islamiyyah Madinah

Menanggapi akan makruh nya istri memakai celana dalam

Berqurban Sesuai Dengan Sunnah Rosulullooh ﷺ