Pengobatan Dengan Sesuatu Yang Terbukti Secara Ilmiyyah
🍃 Hukum menjadikan suatu benda sebagai pengobatan yang tidak ditunjukkan oleh dalil , tapi terbukti secara ilmiyyah
📙 Soal Aisyah indramayu
Bismillaah. .
Afwan ummu hannan,
Ana mau bertanya..
Bagaimana hukum meminum air yg di dalamnya sengaja di masukkan benda padat "bioglass" yg mana bentuknya ini seperti kristal berbentuk piring kecil yg tertera dlm produk tsb memiliki byk manfaat utk kesehatan tubuh termasuk jg sbg terapi utk menyembuhkan penyakit yg ada di dlm tubuh.
Apakah hal ini termasuk perbuatan syirik? Ataukah tdk, jika kt hanya menjadikan bioglass ini hanya sbg pengobatan dan bentuk ikhtiar kt kpd Allah subhaanahu wa ta'aala..
Jazaakillaahu khairan..
┈┉┅━❀🍃🌹🍃❀━┅┉┈
Dan soal diatas kami ajukan pada ulama Yaman .
[8/12 8:13 AM] ابو حنان السندكاني:
السلام عليكم ورحمه الله وبركاته
احسن الله اليك يا شيخنا
ما حكم شرب الماء الذي وضع فيه شىء جامد شكله مثل بلورة بصورتها مثل الصحن الصغير التي يحتوي الفوائد لصحية الجسد وأيضا تحتوي علاجيا لشفاء من أنواع المرض فى الجسم ، هل هذا داخل فى الشرك ؟؟ أو نجعل هذه البلورة علاجيا وسببا واختيارا، والله يشفيه؟؟
[8/12 8:33 AM]
الشيخ عبد الحميد الحجوري حفظه الله: وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته إن كان هذا دواء حسي مجرب فلا حرج وإن كان غير ذلك ففيها تفصيل قد تكون شركا اصغر، وقد تكون اكبر
Assalamualaikum Alaikum warahmatullahi wa barakatuh .
Ahsanalloohu ilaika ya syaihkana .
Apa hukum meminum air yang telah diletakkan didalamnya benda padat, bentuknya seperti kristal , dengan bentuk seperti piring kecil yang mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh , dan juga mengandung terapi pengobatan dari berbagai macam penyakit dalam tubuh , apakah ini masuk dalam kesyirikan??
Atau kita menjadikan kristal ini pengobatan dan sebab dan usaha, dan Allooh yang menyembuhkannya??
🖊 Jawaban Asy Syaikh Abdul Hamid Al hajury hafdzahullooh :
Wa Alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh .
Jika itu adalah obat yang bisa dirasakan panca indera (nyata) lagi terbukti. Maka tidak ada dosa (didalamnya).
Dan jika selain itu, tidak terbukti dan tidak nyata(menyembuhkan) maka padanya ada rincian , dan kadang bisa masuk syirik kecil dan kadang juga bisa syirik besar .
➖➖➖➖➖➖➖➖.
🔎Tambahan pent'
Kapan seseorang jika menempuh sebab dalam pengobatan bisa masuk dalam syirik besar dan syirik kecil ?
Asy Syaikh Al Utsaimin Rohimahullooh berkata :
الجواب
يكون فعل الأسباب مشروعاً إذا ثبت أن هذا السبب سبب حقيقي شرعي أو قدري، فالسبب الشرعي كالقراءة على المريض، والسبب القدري كالأشياء التي تعلم بالتجارب، ويكون هذا غير شرعي إذا كان هذا السبب لم يدل عليه الدليل، لا الدليل الشرعي ولا الدليل الواقعي، فإنه يكون هنا شركاً إما أصغر وإما أكبر، فإن اعتقد الإنسان أن السبب هو الفاعل بنفسه من دون الله فهو شرك أكبر، وإن اعتقد أنه سبب وأن الفاعل هو الله فهو شرك أصغر، إذا لم يقم دليل شرعي أو حسي على أنه سبب.
لقاء الباب المفتوح – الشريط 168 الوجه الثاني
Melakukan sebab itu bisa disyariatkan jika telah shohih bahwa sebab tersebut adalah sebab yang nyata lagi syar'i atau sebab qodari.
Maka sebab yang syar'i seperti membaca (ayat Al Qur'an atau doa ) pada orang yang sakit, dan sebab yang qodari seperti sesuatu yang diketahui dengan penelitian atau percobaan (misalkan tablet untuk sakit kepala, ini melalui penelitian)
Dan sebab bisa menjadi tidak syar'i jika sebab tersebut tidak ditunjukkan dalil atasnya, tidak ada dalil syar'i dah tidak pula ada dalil yang menunjukkan secara ilmiah, maka ini bisa mengantar pada kesyirikan, boleh jadi dalam kesyirikan kecil dan kesyirikan besar . Dan jika seseorang meyakini bahwa sebab itu sendiri yang memberikan pengaruh dengan sendirinya tanpa kehendak dari Allooh maka perbuatan tersebut masuk syirik besar, dan jika ia meyakini bahwa itu adalah sebab semata , dan yang menyebabkan memberikan pengaruh adalah Allooh, maka ini menunjukkan syirik kecil jika tidak ditunjukkan oleh dalil yang syar'i atau dalil yang dirasakan oleh panca indera (ilmiah , nyata terbukti) bahwa itu sebagai sebab.
📚 Liqoo Al bab Al Maftuh kaset 168 sisi B.
Jadi batu kristal jika diletakkan dalam minuman, dan terbukti secara ilmiah dan nyata menyembuhkan penyakit , dan memberikan kesehatan tubuh maka boleh digunakan.Akan tetapi jika hanya persangkaan ,dan tidak nyata juga tidak terbukti walaupun ia meyakini bahwa batu kristal itu hanya sebagai sebab saja, dan yang menyembuhkannya adalah Allooh , maka ia masuk dalam syriki kecil karena ia menjadikan batu kristal tersebut sebagai sebab pengobatan yang tidak ditunjukkan oleh dalil dan juga dari percobaan serta pembuktian secara ilmiah..
والله اعلم بالصواب
✍ Diterjemahkan oleh:
Abu Hanan As-Suhaily Utsman As Sandakany
2 Robi'ul Tsani 1440- 10 Desember 2018.
🌾 *من مجموعة نصيحة للنساء* 🌾
Sumber :
https://t.me/Nashihatulinnisa
Komentar
Posting Komentar