HUKUM BERQURBAN UNTUK ORANG TUA YANG TELAH MENINGGAL

📌 *Hukum kurban untuk orang tua yang sudah meninggal*

📙 Soal dari Ummu Abdillah hombiz di group wa nashihatulinnisa
BISMILLAH.AFW ada pertanyaan jika seseorg niat kurban sapi 7 org.salah satu dr 7 tersebut dibayarkn dg niat bahwa satux u orgtua yg sdh meninggal.jd orgtua yg sdh meninggal ikut berkurban dalam artian anakx yg bayarkn dg niat u orgtuax.apkh boleh demikian.dan apkh pahalax sampe kpd org yg sdh maninggal tersebut.

‎┈┉┅━❀🍃🌹🍃❀━┅┉┈

🖊Berkata Asy Syaikh Al ’Utsaimin rahimahullaahu ta'ala

‎" الأصل في الأضحية أنها مشروعة في حق الأحياء كما كان رسول الله صلى الله عليه وسلّم وأصحابه يضحون عن أنفسهم وأهليهم ، وأما ما يظنه بعض العامة من اختصاص الأضحية بالأموات فلا أصل له .

Hukum asal pada qurban bahwa itu disyariatkan pada orang yang hidup Sebagaimana Rasulullah dan pada sahabatnya berkurban untuk diri mereka diri mereka dan keluarga mereka, adapun  orang awwam yang menyangka dari kekhususan sembelihan untuk orang mati, maka ini tidak ada asalnya.

Berkurban untuk si mayyit ada tiga jenis

‎الأول : أن يضحي عنهم تبعاً للأحياء مثل أن يضحي الرجل عنه وعن أهل بيته وينوي بهم الأحياء والأموات ، ( وهذا جائز) وأصل هذا تضحية النبي صلى الله عليه وسلّم عنه وعن أهل بيته وفيهم من قد مات من قبل .

1⃣ Yang pertama.

Berqurban untuk mayyit hanya sebagai ikutan. Misalnya seseorang berqurban untuk dirinya dan keluarganya termasuk yang masih hidup atau yang telah meninggal dunia. Dasar dari bolehnya hal ini adalah karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berqurban untuk dirinya dan keluarganya, termasuk di dalamnya yang telah meninggal dunia

‎الثاني : أن يضحي عن الأموات بمقتضى وصاياهم تنفيذاً لها ( وهذا واجب إلا إن عجز عن ذلك ) وأصل هذا قوله تعالى : ( فَمَن بَدَّلَهُ بَعْدَ مَا سَمِعَهُ فَإِنَّمَآ إِثْمُهُ عَلَى الَّذِينَ يُبَدِّلُونَهُ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ ) .

2⃣ Yang kedua.

Berqurban untuk simayit karena ingin melaksanakan wasiatnya (sebelum meninggal dunia). Ini wajib kecuali jika ia tidak mampu.dan Hal ini dibolehkan berdasarkan firman Allah Ta’ala,

‎فَمَنْ بَدَّلَهُ بَعْدَمَا سَمِعَهُ فَإِنَّمَا إِثْمُهُ عَلَى الَّذِينَ يُبَدِّلُونَهُ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Maka barangsiapa yang mengubah wasiat itu, setelah ia mendengarnya, maka sesungguhnya dosanya adalah bagi orang-orang yang mengubahnya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 181).

‎الثالث: أن يضحي عن الأموات تبرعاً مستقلين عن الأحياء ( بأن يذبح لأبيه أضحية مستقلة أو لأمه أضحية مستقلة ) فهذه جائزة ، وقد نص فقهاء الحنابلة على أن ثوابها يصل إلى الميت وينتفع به قياساً على الصدقة عنه .

3⃣ Yang ketiga.

Yang sudah meninggal sebagai shadaqah terpisah dari yang hidup (bukan wasiat dan tidak ikut yang hidup) maka inipun dibolehkan.

Para ulama Hambaliyah (yang mengikuti madzhab Imam Ahmad) menegaskan bahwa pahalanya sampai ke mayit dan bermanfaat baginya dengan menganalogikannya kepada shadaqah.

‎ولكن لا نرى أن تخصيص الميت بالأضحية من السنة ؛ لأن النبي صلى الله عليه وسلّم لم يضح عن أحد من أمواته بخصوصه ، فلم يضح عن عمه حمزة وهو من أعز أقاربه عنده ، ولا عن أولاده الذين ماتوا في حياته ، وهم ثلاث بنات متزوجات ، وثلاثة أبناء صغار ، ولا عن زوجته خديجة وهي من أحب نسائه إليه ، ولم يرد عن أصحابه في عهده أن أحداً منهم ضحى عن أحد من أمواته .

Akan tetapi kami tidak berpendapat bahwa mengkhususkan sembilan kurban atas nama si mayyit merupakan dari Sunnah, sebab Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa Sallam tidak berkurban untuk seorang pun dari yang telah meninggal secara khusus, beliau tidak berkurban atas nama pamannya Hamzah yang mana beliau adalah dari orang yang termulia dari kerabatnya, dan tidak pula berkurban atas nama anak anaknya yang telah meninggal selama masa hidupnya Rasulullah, dan tidak pula untuk istrinya Khadijah sementara ia adalah istri tercinta beliau, dan tidak Warid dari sahabat Nabi pada zamannya bahwa salah seorang berkurban atas nama salah seorang dari orang yang telah meninggal dunia dari mereka
📚 Risalah Ahkam Al Udhiyyah wa Dzdzakah 12-13

🖊Dan Syaikh juga ditanyakan tentang qurban terhadap orang yang telah meninggal

‎فضيلة الشيخ محمد بن صالح العثيمين

‎السلام عليكم ورحمة الله وبركاته وبعد:

‎فقد بحثت مسألة الأضحية عن الأموات وقد اتضح لي من هذا البحث أن الأضحية المستقلة للميت لا تخرج عن حالين وكلاهما خطأ فيما يظهر لي والله أعلم بالصواب لأن الشيء وإن كان صحيحاً فإن وضعه في غير موقعه يجعله غير صحيح، فهي إما أن يقال: إنها أضحية، أو صدقة. فإن قيل: إنها أضحية فالأضحية المستقلة للميت ليس على مشروعيتها دليل صحيح صريح من رسول الله صلى الله عليه وسلم، وليست من عمل السلف الصالح رحمهم الله وقياسها على الصدقة غير صحيح؛ لأن القياس في العبادة لا يجوز.

‎وإن قيل: إنها صدقة، فالصدقة لا يشترط فيها ما يشترط في الأضحية فسواء ذبحت يوم العيد أو قبله، وسواء كانت صغيرة أو معيبة لا يؤثر ذلك عليها شيئًاً مادام أنها صدقة، وتختلف الأضحية عن الصدقة في أشياء كثيرة،

Kata Syaikh Al Utsaimin rahimahullaahu ta'ala aku telah membahas masalah sembelihan qurban atas nama orang yang telah meninggal, dan sungguh telah jelas padaku dari pembahasan tersebut, bahwa qurban yang tersendiri atas nama si mayyit, itu tidak akan keluar dari dua keadaan,

Yang mana kedua keadaan tersebut salah dari apa yang nampak padaku, walloohu a'lam bish-showab, sebab sesuatu jika itu benar maka jika ia meletakkannya bukan pada tempatnya, maka akan menjadikan sesuatu  itu tidak benar.

Jika dikatakan sembelihan untuk simayit ada dua kemungkinan : itu sebagai udhiyyah (qurban) atau shodaqah

1⃣ Jika itu dikatakan udhiyah (qurban), qurban tersendiri atas nama simayyit, tidak ada dalil shohih dan terang (jelas) penunjukkannya dari Rasulullah akan disyariatkannya, dan bukan amalan dari kaum salafuh Sholih, dan meng-analogikan qurban atas nama simayyit dengan shodaqah itu tidak benar sebab qiyas (analagi) dalam ibadah tidak boleh.

2⃣ Dan jika itu dikatakan shodaqah maka shodaqah itu tidak disyaratkan seperti apa yang disyaratkan pada hewan qurban, maka sama saja kalau itu sebagai shodaqah boleh menyembelih dihari Ied, atau dihari sebelumnya, sama saja hewan qurbannya kecil atau ada cacatnya, maka ini tidak mempengaruhi sedikit pun atas shodaqah tersebut selama itu bentuknya adalah  shodaqah, dan hewan untuk qurban dan untuk dishodaqahkan memilki perbedaan yang sangat banyak

📙Dan juga penanya mengatakan ,

‎ وأيضاً فقد قالت اللجنة الدائمة للإفتاء: إن تخصيص الصدقة للميت بزمن معين بدعة، فإن قيل: نريد فضل عشر ذي الحجة. قلنا: الفضل يشمل العشر كلها وأنتم خصصتم منها يوماً واحداً فقط وهذا التخصيص مثل تخصيص بعض الناس العمرة في رمضان بليلة سبع وعشرين منه، وهذا التخصيص بدعة، فإن قيل: نريد العمل بحديث: "ما عمل ابن آدم يوم النحر عملاً أحب إلى الله من اهرَاقَةِ دم"، قلنا: هذا حث للأحياء على الأضاحي المشروعة، وأنها أفضل لهم في ذلك اليوم من التصدق بثمنها، وليس فيه ما يدل على تخصيص الميت بأضحية؛ لأن القائل لهذا الكلام عليه الصلاة والسلام وصحابته الكرام رضي الله عنهم الذين رووا هذا الحديث ونقلوه إلينا كان لهم أموات، وكانت الأموال متوفرة لديهم وتوفر أسبابها لديهم ومع علمهم بهذا الحديث لم يفعلوها وهم أحرص الأمة على الخير واتباع السنة. أفيدونا بارك الله فيكم هل هذا صحيح أم خطأ؟

Telah berfatwa lajnah dai'mah :

Bahwa pengkhususan shodaqah atas nama si mayyit pada zaman atau waktu tertentu adalah Bida'h.

⁉️Dan jika dikatakan : kami berqurban atas nama si mayyit sebagai shodaqah karena kami menginginkan keutamaan di sepuluh hari di bulan dzul hijjah.

Maka kami katakan : keutamaan mencakup pada sepuluh hari seluruhnya, dan kalian mengkhususkan dari shodaqah pada satu hari saja, dan pengkhususan ini seperti pengkhususan sebagian manusia ketika umroh dibulan romadhon pada malam ke 27(Lailatul qodar) dan pengkhususan ini adalah Bida'h.

⁉️jika dikatakan : kami berqurban sebagai shodaqah atas simayyit karena kami ingin mengamalkan hadits "tidaklah seorang hamba melakukan suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah pada hari menyembelih(hari nahr) dari mengalirkan darah (hewan kurban)"

kami katakan : hadits ini untuk dorongan bagi yang hidup untuk qurban yang disyariatkan, dan sungguh itu lebih afdhol untuk mereka pada hari tersebut dari bersedekah berupa harga dari hewan qurban, dan pada hadits itu bukan menunjukkan akan pengkhususan untuk simayyit dengan qurban sebab yang mengatakan hadits tersebut adalah Rasulullah dan para sahabatnya yang telah meriwayatkan hadits tersebut dan menukilkannya pada kita, mereka punya dari keluarga yang telah meninggal, dan harta terpenuhi ada disisi mereka dan terpenuhi sebab-sebabnya, bersamaan dengan pengetahuan sahabat terhadap hadits tersebut mereka tidak ada yang melakukan (berqurban untuk simayyit), sementara mereka para sahabat adalah orang yang paling semangat dari ummat ini terhadap kebaikan dan pengikutan terhadap Sunnah.

Berikanlah pada kami faidah, semoga Allah memberkahi kalian, apakah ini benar atau salah?

🖊Maka Syaikh Al Utsaimin menjawab

‎جاب فضيلته بقوله: بسم الله الرحمن الرحيم. وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته :

‎الأضحية عن الميت إن كانت بوصية منه مما أوصى به وجب تنفيذها؛ لأنها من عمله وليست جنفاً ولا إثماً.

‎وإن كانت بتبرع من الحي فليست من العمل المأثور عن السلف الصالح؛ لأن ذلك لم ينقل عنهم، وعدم النقل عنهم مع توافر الدواعي وعدم المانع دليل على أن ذلك ليس معروفاً بينهم، وقد أرشد النبي صلى الله عليه وسلم حين ذكر انقطاع عمل ابن آدم بموته إلى الدعاء له، ولم يرشد إلى العمل له، مع أن سياق الحديث في ذكر الأعمال الجارية له بعد موته.

‎وقد قرأت ما كتبته أنت أعلاه فأعجبني ورأيته صحيحاً. وفق الله الجميع للعمل بما يرضيه.

‎لكن لا ننكر على من ضحَّى عن الميت وإنما ننبه على ما كان يفعله كثير من الناس سابقاً فإن الواحد يضحي تبرعاً عن الأموات ولا يضحي عن نفسه وأهله، بل كان بعضهم لا يعرف أن الأضحية سنة إلا عن الأموات إما تبرعاً، أو بوصية، وهذا من الخطأ الذي يجب على أهل العلم بيانه.

‎كتبه محمد الصالح العثيمين في 16/8/1419 هـ .

Bismillaahi Ar Rahman Ar Rohim walaikum salam warohmatulloihi wa barakatuh

Qurban atas nama simayyit jika itu wasiat darinya yang dia berwasiat wajib untuk dilaksanakan, sebab itu dari amalannya. Dan wasiat itu bukanlah suatu hal yang tidak ada keadilan, dan bukan pula suatu bentuk dosa.

Jika itu sumbangan (shodaqah) dari yang hidup untuk simayyit maka *itu bukan amalan yang ada atsarnya dari salafuh Sholih* sebab hal itu tidak dinukil dari mereka, dan tidak adanya nukilan bersamaaan dengan terpenuhinya hal hal yang mendorong dan tidak adanya penghalang (untuk bershadaqoh terhadap simayyit dengan Sembelihan qurban, ini sebagai dalil, bahwa menyembelihkan hewan qurban terhadap si mayyit tidak di kenal di kalangan mereka, dan *Nabi telah memberikan petunjuk ketika terputusnya amalan seorang anak cucu Adam dengan Kematiannya untuk mendoakan terhadap si mayyit, dan Nabi tidak memberiku petunjuk untuk melakukan suatu amalan(yakni qurban) untuknya* bersamaaan dengan konteks haditsnya itu dalam menyebutkan amalan amalan yang terus mengalir untuknya setelah meninggalnya ia.

Dan saya(kata Syaikh Al Utsaimin Rohimahulloh telah membaca apa yang kamu tulis diatas) membuatku kagum dan saya melihat itu adalah benar semoga Allah memberikan Taufik kepada semua untuk beramal dengan apa yang di ridhoi oleh Allah

Akan tetapi kami tidak mengingkari siapa yang berqurban atas nama simayyit, akan tetapi yang perlu kami berikan tanbih (diberikan perhatian) atas apa yang dilakukan kebanyakan manusia yang dahulu, sungguh Seseorang berqurban sebagai bentuk shadaqah terhadap si mayyit, akan tetapi dia dia tidak berqurban untuk dirinya dan keluarganya, bahkan mereka tidak mengetahui bahwa qurban itu hukumnya Sunnah kecuali untuk yang telah meninggal apakah dengan dengan shadaqah (dari sembilan) atau dengan wasiat dari yang meninggal, ini adalah suatu kesalahan yang wajib bagi ahli ilmi untuk menjelaskannya
📚majmu fatawa 15/175

🔎Kesimpulan :

Tidak tepat berniat qurban khusus atas nama si mayyit (orang tua)yang telah meninggal, namun yang sesuai afdhol dan sesuai dengan sunnah, cukup Seorang berniat untuk qurban dan meniatkan untuk keluarganya (baik yang masih hidup atau telah meninggal)

‎كَانَ الرَّجُلُ فِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُضَحِّى بِالشَّاةِ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ

”Pada masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam ada seseorang (sebagai kepala keluarga ) menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya dan keluarganya.(yang hidup atau yang telah   meninggal)” (HR. Tirmidzi no. 1505, Ibnu Majah no. 3138. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Al Irwa’ no. 1142). Dan ini yang dikuatkan oleh imam asy syaukany  Rohimahulloh dalam Nailul Author, 8/125,.

✍ Diterjemahkan oleh Abu Hanan As-Suhaily Ustman as Sandakany

23 Jumadil Awwal  1440 - 30 Januari 2019

Ikuti NashihatuLinnisa' di TELEGRAM 
https://t.me/Nashihatulinnisa

‎🌾 *من مجموعة نصيحة للنساء* 🌾

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menanggapi akan makruh nya istri memakai celana dalam

Polemik muncul nya Ulama di televisi

PEMBAHASAN TUNTAS MENGENAI HUKUM TELEVISI