APAKAH SUDAH BENAR ADAB KU TERHADAP GURU KU
💬Apakah sudah benar adabku pada guruku?
Ini adalah nasehat bagi penuntut ilmu semoga Allooh memberkahi
kalian, dengan apa yang dikhususkan pada kalian berupa ilmu, yang tidak diberikan pada sebagian yang lain, maka dari sini hendaklah untuk senantiasa menjaga adab bersama guru.
Tapi sebelum berbicara tentang masalah ini, perlu juga kita ketahui siapakahh dari orang orang yang bisa kita katakan sebagai guru kami atau ustadz kami atau syaihk kami?
Soal kita ajukan kepada ulama yaman :
[16/10 9:19 AM] ابو حنان السندكاني: السلام عليكم ورحمه الله وبركاته
احسن الله اليك يا شيخنا
1⃣متى يقول طالب العلم عن معلمه : شيخنا أو استاذنا، فهل يشترط عليه أن
يجالس ويحضر مجلس معلمه ولو مرة واحدة ؟؟؟
1. Kapan seorang penuntut ilmu berkata akan pengajarnya dengan
lafadz : syaikhuna (syaikh kami) atau ustadzuna, apakah disyaratkan
atasnya untuk duduk dan menghadiri majlisnya walaupun hanya sekali
saja?
2⃣أو كل من استفاد من غيره فائدة دينية ولو لم يحصل اللقاء به لكن حصل بينه وبين شيخ معين مثلا مكاتبة خاصة ويراسله ويستفتيه، أو يتصل به بالهاتف فأجاب ,فيقول طالب العلم هو شيخنا ، أو لا بد يستأذن منه يعنى طلب منه الإجازة حتى يقال له : شيخنا أو استاذنا ،
2. Atau setiap yang mengambil faidah dari selain dirinya suatu faidah keagamaan, walaupun tidak pernah bertemu, akan tetapi antara dia dengan seorang syaikh tertentu, seperti dalam tulisan secara khusus dan ia mengirim kepada syaikh tersebut, dan meminta fatwa, atau ia menghubunginya dengan telpon, kemudian syaikh tersebut menjawab, maka seorang penuntut ilmu mengatakan dia adalah syaikhuna, atau harus minta idzin darinya berupa ijazah sampai dikatakan padanya : syaikh kami atau ustadz kami?
نريد التوضيح يا شيخنا ، لان خصوصا فى هذا العصر قد تساهل بعض طلب العلم يقول شيخنا فلان،بل بعضهم على سبيل الرياء وهو لم يلقه ولم يجالس فحصل التدليس لأن هذا يوحي لمن استمع له بأن المتكلم أو الكاتب قد طلب على يد هذا العالم فترة من الزمان؟؟
Kami ingin penjelasan wahai syaikh kami, sebab terkhusus pada zaman
sekarang ini, sebagian dari tholibul ilmu bergampangan mengatakan ’syaikhuna fulan’ bahkan sebagian dengan maksud riya, sementara ia tidak pernah bertemu dengannnya, dan tidak pernah duduk bersamanya, sehingga muncullah tadlis (pengaburan), sebab ini akan memberikan kesan terhadap orang yang mendengarkannya, bahwa yang berbicara atau yang menulis pernah pada satu waktu menuntut ilmu dihadapan alim
tersebut
🖊Berkata Syaikhuna Hasan Qasim ar Raimi hafizhohulloohu ta'ala
خلاصة ذلك ان يقال : ان لفظة شيخنا الاصل انها تقال لمن عرف بملازمة من اخذ عنه العلم وبرك على الركب عنده ؛ ولكن بعض اهل العلم استجاز ان يطلق لفظة شيخنا ولو درس عليه بابا من ابواب العلم ؛ واما الدراسة من الاشرطة او الكتب او بواسطة الاتصال فهذا يخشى ان يكون
نوعا من التدليس ان قال لفظة شيخنا ؛ الا اذا بين ذلك وقال شيخنا
بالاتصال او بالاشرطة او بالكتب فممكن ولكن هذا ليس مستعملا عادة عند السلف حسب علمي وهو من باب التكلف والله المستعان ؛ هذا امر ؛ وامر اخر ممكن بعضهم يستعمل هذه اللفظة من باب التقدير والاحترام فان كان كذلك فلاباس ان كان من اهل العلم ؛
”Kesimpulan dari hal itu, dikatakan bahwa lafadz ’syaikh kami’ asalnya dikatakan terhadap orang yang diketahui bermulazamah mengambil ilmu darinya, dan berdiam diri disisinya. Akan tetapi sebagian dari ahli ilmi, menganggap bolehnya untuk memutlakkan lafadz syaikh, walaupun ia belajar darinya satu bab (pokok pembahasan) dari bab bab ilmu. Adapun pembelajaran lewat kaset atau buku buku atau lewat perantara telponan, maka ini dikhawatirkan masuk dari jenis tadlis, mengatakan dengan lafadz syaikhuna, kecuali jika ia menjelaskan hal itu, dan ia berkata
syaikhuna dengan nelponan, atau lewat kaset kaset atau buku buku, maka itu suatu hal yang mungkin, akan tetapi hal itu tidak terpakai sebagai kebiasaan di sisi para ulama salaf, sebatas ilmu saya (maksudnya Syaikh Hasan Qasim hafidzahullooh). Dan ini termasuk takalluf (memaksakan diri
untuk mengatakan syaikh kami) walloohul mus’taan.
Dan perkara lain, mungkin sebagian dari mereka menggunakan lafadz itu
sebagai bentuk pengagungan dan pemuliaan terhadap syaikh tersebut (walaupun tidak pernah bertemu dan duduk bermajlis ilmu dengannya, tambahan penterjermah), kalau seperti itu, maka tidak mengapa jika ia dari kalangan ahli ilmi.”
🖊 Berkata Syaikhul islam ibnu taimiyah rahimahullaahu ta’ala
" كل من أفاد غيره إفادة دينية فهو شيخه فيها، وكل ميت وصل على الإنسان من أقواله وأعماله وآثاره ما انتفع به في دينه، فهو شيخه من هذه الجهة، فسلف الأمة شيوخ الخلفاء قرناً بعد قرن...."
”Setiap yang memberikan pada selainnya suatu faidah keagamaan, maka dia adalah syaikhnya pada faidah (yang telah didapatkan darinya).Setiap mayyit yang sampai kepada seseorang berupa perkataannya, amalan-amalannya dan atsarnya yang dengannya seseorang mengambil manfaat untuk agamanya, maka dia adalah syaihknya dari sisi ini, sebab salaf(pendahulu) dari ummat ini adalah syaikhnya bagi pengganti
setelahnya pada suatu zaman kezaman setelahnya.”
📚 lihat Majmu fatawa 11/512 .
Maka yang terpenting adalah seseorang jangan merasa puas dan memiliki
dengan apa yang Allooh tidak berikan padanya, dan hendaknya ia perbaiki maksudnya dalam menyandarkan kepada seorang sebagai syaikhnya, dan hendaknya ia mengenal kadar dirinya dari syaikh tersebut.
Dan tholibul ilmu harus memiliki adab yang baik, sebab mereka itu selalu
senantiasa mendengarkan majlis ilmu, terdidik dan di tarbiyyah diatas
alquran dan as-sunnah, beda dengan orang yang awwam.
🖊Berkata al Khotib al Baghdadi rahimahullaahu ta’ala
و الواجب أن يكون طلبة الحديث أكمل الناس أدبا، وأشد الخلق تواضعا، وأعظمهم نزاهة وتدينا، وأقلهم طيشا وغضبا؛ لدوام قرع أسماعهم بالأخبار المشتملة على محاسن أخلاق رسول الله صلى الله عليه وسلم و آدابه، وسيرة
السلف الأخيار، من أهل بيته وأصحابه، وطرائق المحدثين، ومآثر الماضين، فيأخذوا بأجملها وأحسنها، ويصدفوا عن أرذلها وأدونها
”Wajib bagi penuntut ilmu hadits adalah manusia yang paling sempurna
adabnya, makhluk yang paling tawadhu, dan yang paling agung kesucian
dan keagamaannya, dan paling sedikit sifat gegabah dan emosional,
disebabkan penuntut ilmu selalu mengetuk pendengaran mereka dengan hadits hadits yang mencakup akan kebaikan ahklak Rasulillah dan
adabnya, dan perjalanan hidup pendahulu salaf yang terpilih, dari keluarga beliau Radulullah, dan para sahabatnya, dan jalannya para ahli hadits dan jejak orang yang terdahulu, maka mereka mengambil akhlak yang terindahnya dan terbaiknya, dan mereka berpaling dari akhlak yang terburuknya dan terendahnya. ”
📚lihat Al-jami’i li akhlaq
rowi. Hal 78.
🖊Berkata imam ibnul qayyim rahimahullaahu ta’ala
وأدب المرء عنوان سعادته وفلاحه، وقلة أدبه عنوان شقاوته وبواره
”Dan adabnya seseorang merupakan alamat kebahagiannya dan
keberuntungannya, dan kurang beradabnya seseorang merupakan alamat kesengsaraannya dan kerugiannya.”
📚lihat madarijus-salikin 2/407, dan mausu’ah nadhratun-naim 169.
🖊Berkata al-khotib al-baghdadi rahimahullaahu ta’ala
ومن تعظيم العلم تعظيم من يتعلم منه ويؤخذ عنه العلم، ويجب على طالبvالعلم أن يستمع العلم والحكمة بالتعظيم والإجلال والحرمة"
”Dan dari bentuk pengagungan ilmu adalah mengagungkan orang yang ia belajar darinya, dan diambil darinya ilmu , dan wajib bagi penuntut ilmu untuk mendengar ilmu, dan al hikmah(kalimat kalimat yang baik dari orang yang bijak) dengan pengagungan, pemuliaan, penghormatan.”
📚Lihat Mukhtaashar nashihatu ahli hadits lilkhotib hal 162.
🖊Berkata imam asy-sya’bi rohmahullooh:
أمسَك ابنُ عباسٍ بركاب زيد بن ثابتٍ، فقال: (أتمسِك لي وأنت ابن عم رسول الله صلى الله عليه وسلم؟)، قال: (إنَّا هكذا نصنع بالعلماء)؛
”Ibnu abbas rodhialloohu anhu menuntun tali kenderaan zaid bin tsabit ,
maka zaid bi tsabit berkata apakah kamu menuntun tali kendaraan milikku sementara kamu adalah anak pamannya Rasulullah? Maka ibnu abbas rodhialloohu berkata : sesunngguhnya demikianlah kami perbuat pada ulama kami.”
📚lihat Al jami’ li akhlaaq ar-rowi 1/108, dan dishohihkan oleh ibnu hajar dalam ishobah 1/543.
Dan lihatlah bagaimana para sahabat Rasulullooh ketika menghadiri
majlis yang diadakan oleh nabi, begitu tenang dan beradabnya mereka,
dan jauh dari hal-hal yang melalaikan.
Sahabat Abu Sa’id Al-Khudri Radhiallahu ‘anhu berkata,
كنا جلوساً في المسجد إذ خرج رسول الله فجلس إلينا فكأن على رؤوسنا الطير لا يتكلم أحد منا
“Saat kami sedang duduk-duduk di masjid, maka keluarlah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian duduk di hadapan kami. Maka
seakan-akan di atas kepala kami terdapat burung. Tak satu pun dari
kami yang berbicara” (HR. Bukhari).
🖊Berkata Abdurahman bin Harmalah Al Aslami rohimahullooh,
ما كان إنسان يجترئ على سعيد بن المسيب يسأله عن شيء حتى يستأذنه كما يستأذن الأمير
“Tidaklah sesorang berani bertanya tentang sesuatu kepada Said bin Musayyib, sampai dia meminta izin padanya, seperti layaknya meminta izin kepada seorang raja”.
📚hilyatul auliyaa li abi nua’im 2/173.
🖊Al Imam As Syafi’i berkata,
كنت أصفح الورقة بين يدي مالك صفحًا رفيقًا هيبة له لئلا يسمع وقعها
“Dulu aku membolak balikkan kertas di hadapan Imam Malik dengan sangat lembut karena segan padanya dan supaya dia tak mendengarnya”.
📚Lihat al’majmu syarh al muhadzdzab 1/36..
🖊Abu ‘Ubaid Al Qosim bin Salam berkata:
ما استأذنت قط علي محدث , كنت أنتظر حتى يخرج الي وتأولت بقوله
“Aku tidak pernah sekalipun minta idzin mengetuk pintu rumah seorang muhaddits sampai ia keluar padaku ,dan saya menafsirkan akan firman
Allooh:
وَلَوْ أَنَّهُمْ صَبَرُوا حَتَّى تَخْرُجَ إِلَيْهِمْ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
“Kalau sekiranya mereka sabar, sampai kamu keluar menemui mereka, itu
lebih baik untuknya” (QS. Al Hujurat: 5).
📚lihat al adaab asy-syariyah 2/88.
🖊Berkata ahmad bin ishaq al faqih :
ما رأيت في المحدثين أهيب من إبراهيم بن أبي طالب، كنا نجلس كأن على رؤوسنا الطير، لقد عطس أبو بكر العنبرة فأخفض عطاسه، فقلت له سراً : لا تخف فلست بين يدي الله تعالى
”Saya tidak melihat para ahli hadits yang disegani daripada ibrohim
bin abi tholib, dulu kami duduk dimajlisnya seakan-akan burung
dikepala kami, dan sungguh telah bersin abu bakr al’anbarah, maka ia
mengecilkan, dan merendahkan bersinnya, maka akupun katakan padanya dengan suara pelan pelan: jangan kamu takut!!!, dan kamu tidak berdiri dihadapan Alloh”
📚lihat Tadzkiratu as-sami’i 147.
Luar biasa para ulama terdahulu menjaga akhlak mereka terhadap guru
mereka, yang ,membuahkan hasil dengan keberkahan ilmu mereka.
🖊Berkata al hafidzh adz-dzahabi rohimahullooh :
ومن الأدب أن لا يحدث مع وجود من هو أولى منه لسنه وإتقانه، وأن لا يحدّث بشيء يرويه غيره أعلى منه
dan merupakan adab(yang baik) ia tidak berbicara bersama dengan
keberadaan orang yang lebih utama darinya dari sisi umurnya dan
itqoonnya orang tersebut(artinya lebih menguasai ilmu), dan tidak
menceritakan sesuatu, yang selain dari dia itu lebih tinggi
meriwayatkan darinya.
📚 lihat al muuqidzhoh lil hafidz adz-dzahabi hal
66.
🖊Berkata ibnu jamaah rohimahulllooh :
وينبغي أن لا يقطع على الشيخ كلامه، ولا يسابقه فيه ولا يساوقه -
المساوقة : المتابعة بل يصبر حتى يفرغ الشيخ من كلامه ثم يتكلم، ولا
يتحدث مع غيره والشيخ يتحدث معه أو مع جماعة المسجد.
Sepantasnya untuk tidak memotong atas pembicaraan syaikhnya, dan tidak mendahului dalam ucapannya, dan tidak pula menyusul ucapannya(yang pembicaraan belum selesai), bahkan hendaknya ia bersabar sampai syaikhnya selesai dari pembicaraannya, dan tidak bercerita bersama
selainnya sementara syaikhnya berbicara bersamanya atau sementara syaikhnya berbicara dengan jamaah di masjid, ia bercerita dengan orang lain .
📚lihat tadzkiratu sami’i hal 159.
🖊Disusun oleh:
Abu Hanan As Suhaily Utsman As Sandakany
7 Safar 1440 -16 Oktober 2018
Sumber :
https://t.me/Nashihatulinnisa
Komentar
Posting Komentar