*Mengambil hukum bawang putih dan bawang merah untuk orang yang sakit.* Memakan bawang putih dan bawang merah, apakah ini kias orang yang mengerti kias?*





*قياس المرض على الثوم والبصل، أكل الثوم وأكل البصل، هل هذا قياس من يفهم القياس؟*
لشيخنا يحيى بن علي الحجوري حفظه الله
قلنا: إن الثوم والبصل فيهما رائحة، والملائكة تتأذى مما يتأذى منه بنو آدم، فكان من أكل ثُومًا أو بصلًا لا يقربنَّ مسجدنا لأنه يحصل من ذلك التأذي
فنهى النبي صلى الله عليه وسلم عن إيذاء المؤمنين بالرائحة؛ لأنها متحققة منه الرائحة، فلو زالت الرائحة، أو لم تكن هناك رائحة فيه ما مُنِعَ.
ليس كل من أكل ثُومًا أو بصلًا يُمنع من الصلاة في المساجد أو اجتماع الناس، ولو زالت الرائحة منه مثلا بشيء من المزيلات والروائح الأُخَر، لكن إنما يُمنع في حال حصولها وبقائها وإيذائها .

والمرض إذا تحقق في الإنسان، وعُلِمَ أنه مُعْدٍ -مثلًا- وقالوا: هذا نظير ذلك، فيه ما يسبب التَّقذُّر فيه ما يسبب الإيذاء، يقال: لا بأس، نظير هذا.
أما هذا ليس متحققًا فيه، ولم يظهر فيه.
مَن ظَهَرَ فيه وعُزِلَ لا بأس بعزله.
أما أن تأتي إلى ناس لا رائحة ثوم فيه مثلا وتقول له: ممنوع أنت مظنة أنك فيك ثوم.
هذا كقوله مثلا: ممنوع أنت من دخول المسجد؛ مظنة أن يكون فيك مرض.
أليس كذلك؟
اناس ما ظهر فيهم المرض

قياس الثوم على ذلك كمن يقول لواحد ما فيه رائحة ثوم: أنت لا تدخل المسجد.
لماذا ؟
قال: يمكن أن يكون فيك ثوم يمكن يكون فيك رائحة بصل.
الاستدلال برائحة الثوم والبصل هذا ما هو بموضعه هذا المرض ما قد تحقق.
لأن الثوم والبصل إيذاؤه متحقق.
والمرض انتقاله غير متحقق؛ لأن المرض لا يتنقل مباشرة إلا إذا أراد الله ذلك، فلا تنتقل العدوى بذاتها *(لا عدوى ولا طيرة وَفِرَّ من المجذوم فرارك من الأسد)*
قالوا: الجمع بين أول الحديث وآخره أن لا عدوى بذاتها، العدوى من الله، إلا إذا أراد الله ذلك، ولكن فِرَّ؛ حتى إن حصل لك لا تقل: لو أني فعلت كذا وكذا، ويكون في نفسك ضعف إيمان.
*العمل بالسبب مطلوب.*
أردنا أن ننبه على أن هذا القياس ممن لا يحسن القياس.

فرغه: حمود الثوابي
٣ _ شعبان/١٤٤١ /هجرية

🧄 *Mengambil hukum bawang putih dan bawang merah untuk orang yang sakit.*
Memakan bawang putih dan bawang merah, apakah ini kias orang yang mengerti kias?
🧄

✏ Syaikh Yahya bin Ali Al Hajuri hafidhzahullah berkata:

Sungguh bawang putih dan bawang merah memiliki bau [tidak sedap], dan para malaikat merasa terganggu dari apa saja yang manusia merasa terganggu darinya. Maka siapa yang memakan bawang putih dan bawang merah jangan mendekati masjid, sebab akan muncul dari nya gangguan.

*Maka nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang melakukan gangguan terhadap kaum mukminin dengan bau (tak sedap), sebab bau tersebut jelas/pasti adanya.*

_Seandainya bau itu hilang, atau tidak ada baunya maka tidaklah dilarang._

Tidak semua yang memakan bawang putih dan bawang merah dilarang shalat dimasjid atau berkumpul dengan orang-orang, contohnya apabila bau itu sudah hilang,  hilang dengan penghilang bau, atau dengan bau yang lain,

Yang dilarang itu adalah saat baunya muncul dan ada serta mengganggu.

👉🏻 Dan suatu penyakit, apabila positif pada seseorang, dan diketahui bahwa itu menular, mereka mengatakan: kondisinya seperti kondisi itu [yang makan bawang]. Pada orang ini ada yang menyebabkan orang merasa tidak nyaman, menyebabkan gangguan.

Ini tidak apa-apa kalau dikatakan seperti yang Memakan bawang.

🖋️ Adapun penyakit ini(covid 19) maka tidak pasti padanya, dan belum nampak adanya gejala. *Orang yang nampak gejalanya, dan diasingkan maka tidak mengapa.*

•Adapun mendatagi orang-orang yang tidak ada baunya, lalu kamu katakan padanya : tidak boleh(kemasjid) alasannya kamu dicurigai ber- bau bawang.!?

•Ini sama seperti kamu katakan : kamu tidak boleh masuk masjid, dikawatirkan kamu berpenyakit.!?

Bukan kah begitu!?! Orang-orang yang tidak ada gejalanya.

~ Mengkiaskan[mengambil hukum] bawang pada orang seperti ini [tidak ada gejala] sama seperti kamu katakan kepada seseorang yang tidak ada bau bawangnya : kamu jangan masuk masjid! Mengapa? Mungkin saja ada bawang, bisa jadi kamu bau bawang.?!

~ Berdalil dengan bau bawang putih dan bawang merah bukan pada tempatnya. Penyakit tersebut belum positif.

Sebab bau bawang itu jelas mengganggu.

Adapun penyakit, penularannya belum pasti, sebab penyakit menular tidaklah berpindah begitu saja kecuali dengan idzin Allah, penyakit menular tidak akan berpindah dengan sendirinya.

لا عدوى ولا طيرة وفر من المجذوم فرارك من الأسد

Tidak ada itu penyakit yang menular, dan tidak ada itu thiyarah(menganggap sial sesuatu), dan larilah kamu dari orang yang kusta sebagaiman kamu lari dari singa.

• Ulama berkata: keselarasan awal hadits dan akhirnya adalah tidak ada penyakit yang menular sendirinya, pindahnya penyakit itu dari Allah, kecuali apabila Allah hendakinya (niscaya akan tertular),

akan tetapi larilah sehingga apabila kamu terjangkiti jangan kamu katakan "seandainya aku melakukan ini dan itu"

pada dirinya ada  bentuk lemahnya keimanan.

Menempuh sebab(pencegahan) dituntut.

Yang kami inginkan adalah mengingatkan bahwa kias ini [mengambil hukum bawang dan menerapkan pada penyakit menular] adalah kias dari seorang yang tidak pandai berkias.

3 Sya'ban 1441 H

🎉 Disini Syaikh kami Yahya hafidhzahullah ingin mengingatkan kepada kita suatu kaidah Fiqhiyyah, yaitu:

الحُكْمُ يَدُورُ مَعَ عِلَّتِه وُجُوْدًا وَعَدَمًا

Hukum itu berlaku sesuai dengan ada tidaknya penyebabnya

🍃 Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

" ولهذا إذا علَّق الشارع حكمًا بسبب أو علة زال ذلك الحكم بزوالها،

Oleh sebab itu syariat menentukan suatu hukum  sesuai sebab atau alasan tertentu, hukum itu hilang dengan hilangnya alasan/sebab tersebut.

كالخمر علق بها حكم التنجيس، ووجوب الحد لوصف الإسكار . فإذا زال عنها وصارت خلًا زال الحكم.

Seperti khamar, diterapkan padanya hukum najis, dan wajib had (cambuk) karena memabukkan, apabila hukum ini hilang(tidak lagi memabukkan) dan menjadi cuka maka hukum (haramnya) juga hilang.

وكذلك وصف الفسق : علق عليه المنع من قبول الشهادة والرواية، فإذا زال الوصف زال الحكم الذي علق عليه.

Demikian sifat kefasikan, diterapkan padanya untuk tidak menerima persaksian dan riwayatnya. Apabila sifat (fasik) itu hilang, maka hilang juga penerapan hukum atasnya (diterima saksi dan riwayatnya).

وكذلك السفه والصغر والجنون والإغماء : تزول الأحكام المعلقة عليها بزوالها.

Demikian pula  halnya dengan "kedunguan, anak-anak(belum baligh), gila dan pingsan, hukum yang berlaku padanya hilang dengan hilangnya sifat tersebut.

والشريعة مبنية على هذه القاعدة"

Dan syariat dibangun diatas kaidah ini.

📚 "إعلام الموقعين" (5/ 528).

Berdasarkan kaidah ini, maka shalat  dirumah boleh dilakukan apabila sudah ada sebabnya, dan kapan sebab itu hilang atau belum ada maka hukum bolehnya shalat dirumah (bagi yang wajib jama'ah) hilang artinya sholatlah berjama'ah.

Demikian juga adzan "shollu firihalikum" diterapkan apabila sebabnya sudah ada, jika belum ada maka hukum itu belum boleh diterapkan.

Allahul Musta'an.

Barakallahufiikum

Faedah dari Al Ustadz
Abu Ubaiyd Fadhliy Al Bugisi حَفِظَهُ اللّٰه
di majmu'ah روضة الطالبين منكوتانا

Join Channel :
https://t.me/dars_ustadz_abu_ubaiyd_fadhli 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Belajar Di Jami'ah Islamiyyah Madinah

Menanggapi akan makruh nya istri memakai celana dalam

Berqurban Sesuai Dengan Sunnah Rosulullooh ﷺ