HUKUM ARISAN

*HUKUM ARISAN* 🛍👜🌂.

📙  Soal dari Khadijah Haris di mangkutana.
Bismillaah...
Afwan *Um.Hanan*mau brtnya,apa hukum.y arisan yg di undi.?

🌱Dan arisan bgaimana aturan.y um yg di bolehkan.?

جزاك الله خيرا ام حنان

‎➖➖➖➖➖➖➖➖

bentuk dari arisan

```Sekelompok dari jamaah berserikat membayar sejumlah uang yang telah ditetapkan, yang mana  pada akhir bulan, misalkan jumlah uang yang terkumpul dari peserta akan menjadi milik dari salah seorang peserta, kemudian bulan berikutnya kepada peserta kedua dan seterusnya, sebagaiman yang ma'ruf dikalangan kita.```

💡 *Ada 2⃣ pendapat ulama.*

1⃣ *Asy Syaikh Shalih al Fauzan berkata,*

‎عدم الجواز (tidak boleh)

Dengan beberapa alasan,
‎1- قرض جر منفعة
*Pinjaman yang menghasilkan keuntungan. Dalam artian ia memberikan setoran uang,maknanya sebagai pinjaman dengan syarat yang mengambil uang arisan(pada bulan pertama) juga harus meminjamkan kepada yg menyetor (yang belum dapat putaran)*

‎2-  فیه مخاطرة
*Terdapat beberapa bahaya yang ditimbulkan*

‎👉🏻 بعضهم يعزل عن وظيفته
*Sebagian dari peserta dicopot dari jabatannya.*
‎👉🏻 او يموت
*Atau mati, Sehingga dia tidak mampu memenuhi untuk bayar bulanan. Akhirnya hak-hak yang lain terlantarkan.*

2⃣ Yang mengatakan,
‎جواز
boleh.

*Diantaranya Syaikh Ibnu Baaz, Syaikh al 'Utsaimin, Syaikh Albany dan Syaikh Muqbil.*

Dengan beberapa alasan.
‎-ﻷن هذاةمت باب اﻹقراض واشتراط القضاء

*Karena arisan termasuk dari perkara memberikan pinjaman dan dipersyaratkan (bagi peserta yg telah mendapatkan putaran arisannya) dipersyaratkan untuk menunaikan pinjamannya.*

‎-ﻷن هذه المعاملة  لا تنقص  المقترض شيئا من ماله

*Muamalah seperti ini (arisan) tidak mengurangi sedikit pun dari harta yg meminjam (takkala ia mengembalikan, dan sesuai berapa besar dari uang arisan yg ia dapat)*

‎-ﻷن فيها تعاونا علی البر والتقوی وسد لحاجة الناس ، واعانة لهم علی البعد  عن المعاملة المحرمة.

*Karena dalam arisan terdapat tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan dan menutup hajat manusia dan membantu mereka untuk menjauhi muamalah yg diharamkan.*

☑  *FATWA IMAM IBNU BAZ*

‎ليس في ذلك بأس ، وهو قرض ليس فيه اشتراط نفع زائد لأحد ، وقد نظر في ذلك مجلس هيئة كبار العلماء فقرر بالأكثرية جواز ذلك ، لما فيه من المصلحة للجميع وبدون مضرة ... والله ولي التوفيق"

*Tidak ada larangan dalam arisan.
Dikarenakan ia adalah hutang yang tidak ada persyaratannya untuk mendapatkan tambahan keuntungan bagi seseorang.*

*Dewan Ulama Majlis Saudi telah meninjau hal ini dan menetapkan bahwa kebanyakan dari mereka memperbolehkan. Apalagi di dalamnya terkandung maslahat dan tdk ada madharatnya.*
*Wallahu waliyyut taufiq.*

☑  *FATWA IMAM IBNU 'UTSAIMIN*

‎"لا بأس , الجمعية معناها : أن يجتمع مثلاً هؤلاء الموظفون ويقولون : نريد نقتطع من راتب كل واحد منا ألف ريال , نعطيه للأول , والشهر الثاني للثاني , والشهر الثالث للثالث ، حتى تدور عليهم كلهم ، هذا لا بأس به ولا حرج"

*Hukumnya tidak mengapa. Karena arisan itu maknanya adalah berkumpulnya para pekerja/pegawai dan mengatakan : kami ingin rutin menyetorkan tiap bulan sebesar 1.000 real dari masing masing kita dan bulan pertama kita beri kepada orang pertama, bulan kedua kepada orang kedua, bulan ketiga kepada org ketiga, dan seterusnya.. Hingga berputar kepada seluruh anggota. Maka yang demikian ini tidak mengapa.*

┈┉┅━❀🍃🌺🍃❀━┅┉┈

💡 *Yang _rojih_ sebagaimana yg dikuatkan oleh Syaikh al Allamah al Faqih Muhammad bin Hizam _hafizhohulloohu ta'ala_ adalah pendapat kedua, akan bolehnya arisan.*

💥 *Bantahan terhadap pendapat yang pertama.*
Alasan mereka,
‎-يقرضه بشرط ان يقرضه
*Arisan sama seperti hutang yang bersyarat.*

*Maksudnya hutang bersyarat bahwa anggota arisan akan memberi hutang (pinjaman) apabila anggota yang lainnya juga memberi hutang.
Ini disebut dengan _qordh jarra manf'ah_ (utang pinjaman yang menghasilkan keuntungan), dan dalam Islam hutang pinjaman yg membawa keuntungan itu sama dengan RIBA.*
👉🏻 *BANTAHAN :*

*Sistem arisan tidak tepat dikatakan dengan قرض جر منفعة  _Qordh jarra manfa'ah_ (hutang yang membawa keuntungan) karena sistem arisan adalah transaksi hutang dan menghutangkan (piutang), dimana anggota arisan dapat memanfaatkan uang arisan yg diperolehnya dalam waktu tertentu, kemudian ia mengembalikannya lagi sesuai dengan jumlah uang yang diambilnya tanpa ada penambahan dan pengurangan sedikitpun. Inilah yang disebut dengan القرض المعتاد  _qordh al-mu'tad_ dan hukumnya adalah mubah..*

💥 Alasan kedua,
*Jika dicopot dari jabatannya atau meninggal, maka hak yang lain terlantarkan.*
👉🏻 *BANTAHAN :*
*Hak-hak orang lain, maka bisa  ditunaikan dari harta peninggalannya.*

┈┉┅━❀🍃🌺🍃❀━┅┉┈

💡 *Yang perlu diperhatikan*

*1- Jika dipersyaratkan kepada semua peserta untuk terus menyetor sampai sempurna putaran pertama. Hal semacam ini dibolehkan oleh Syaikh al 'Utsaimin.*

*2- Dipersyaratkan kepada semua peserta untuk ikut putaran kedua dan seterusnya.*
*Maka hal semacam ini tidak boleh , karena seseorang akan terjatuh dalam permasalahan.*
‎اقرضك بشرط ان تقرضني
*"Saya pinjamkan kamu dengan syarat kamu meminjamkan kepadaku"*
*Maka ini termasuk RIBA!*

📚 *Fathul Allam jilid 3 /318-320*

‎┈┉┅━❀🍃🌹🍃❀━┅┉┈

19  Robiul Tsani 1440 _ 27 Desember 2018.

🌾 *من مجموعة نصيحة للنساء* 🌾

Sumber :
https://t.me/Nashihatulinnisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Belajar Di Jami'ah Islamiyyah Madinah

Menanggapi akan makruh nya istri memakai celana dalam

HUKUM LIWATH ( GAY ) DAN SIHAQ ( LESBI )